Pelaku UKM di Lebak Dilirik Kemenkop dan UKM RI

Rombongan Asdep Kemenkop dan UKM RI saat diterima dan berbincang dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Pendopo Bupati Lebak. (Foto: TitikNOL)
Rombongan Asdep Kemenkop dan UKM RI saat diterima dan berbincang dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Pendopo Bupati Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Asisten Deputi Standarisasi dan Sertifikasi Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Rosdiana Veronica Sipayung, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebak, Jumat (18/8/2017).

Kunjungan Asdep Kemenkop dan UKM itu dalam rangka mengembangkan UKM dengan cara melakukan pelatihan bagi pelaku UKM di Lebak.

“Kegiatan ini akan digelar akhir bulan ini di wilayah Baduy, maksudnya untuk menggali potensi unggulan di wilayah tersebut,” papar Rosdiana.

Sementara, Pemkab Lebak menyambut baik rencana tersebut lantaran sangat memerlukan intervensi Pemerintah Pusat dalam mengembangkan UKM. Sebab, APBD sangat terbatas sehingga Pemda dirasa kurang maksimal dalam mengembangkan potensi UKM yang ada.

"Banyak pelaku UKM di Kabupaten Lebak memerlukan penanganan serius, upaya untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat ini merupakan tanggungjawab kita bersama," ujar Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

Upaya Pemkab Lebak untuk meningkatkan dan mengembangkan UKM melalui pengembangkan potensi wisata, sejauh ini sudah dilakukan yaitu dengan membangun plaza komunitas di Rangkasbitung dan di Lebak Tipar, Kecamatan Bayah.

Kedua bangunan ini difungsikan untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan UKM di Kabupaten Lebak.

Selain itu, Pemkab juga mengusulkan 20 motif kain tenun Baduy dan berbagai merk dagang UKM Lebak kepada Kementerian Koperasi dan UKM, untuk mendapatkan pengakuan Hak Kekayaan Itelekutal (HKI). (Gun/red)

Komentar