Pembangunan Fisik Pelabuhan Bojonegara Direalisasikan Akhir 2016

Pelabuhan Bojonegara. (Dok: Suaracargo)
Pelabuhan Bojonegara. (Dok: Suaracargo)

SERANG, TitikNOL - Pembangunan fisik pelabuhan khusus ternak di Bojonegara, Kabupaten Serang direncanakan dilaksanakan pada akhir tahun 2016 ini.

Rencana itu, berdasarkan hasil pertemuan PT Banten Global Development (BGD), Pellindo II dan National Port Corporation Limited (NPCL) selaku perusahaan BUMN-nya Australia, di Hotel Borobudur, Jakarta, akhir pekan lalu. sehingga, akhir 2017 atau awal 2018 bisa selesai.

"Di minggu ini ada pertemuan khusus antara Pellindo II dengan NPCL. Kemarin, persetujuan prinsip dari Gubernur dan Banten mendukung," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten, Babar Suharso, kepada wartawan, Senin (6/6/2016).

Pada November 2016, juga akan dilakukan pertemuan antara Pemprov Banten, PT BGD, Pelindo II, dan NPCL. Rencananya kesepakatan itu juga akan disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Karena itu melibatkan antar negara, nanti pak Wapres akan menyaksikan. Diperkirakan pembangunan fisik akhir 2016 ini," kata Babar.

Nilai investasi pelabuhan Bojonegara mencapai 200 juta US Dolar. Tak hanya pelabuhan khusus ternak sapi, pelabuhan itu juga nantinya sebagai jembatan keluar masuknya produk-produk agrobisnis.

"Pelabuhan itu harus hidup, kalau sapi saja, pelabuhan itu akan mati. Produk-produk kita yang dari laut bisa dikirim lewat sana. Itu nanti BGD yang lebih banyak berperan," ujarnya. (Kuk/Meghat/red)

Komentar