Rano Karno Kepala Daerah Inspiratif dalam ‘Sindo Weekly Goverment Award’

Gubernur Banten, Rano Karno saat menerima penghargaan di acara Goverment Award. (Foto:TitikNOL)
Gubernur Banten, Rano Karno saat menerima penghargaan di acara Goverment Award. (Foto:TitikNOL)

JAKARTA, TitikNOL – Dianggap memiliki komitmen terhadap tata kelola pemerintahan yang baik, Gubernur Banten Rano Karno, meraih Goverment Award Majalah Sindo Weekly kategori Kepala Daerah Inspiratif.

Penganugerahan tersebut sebagai bentuk apresiasiasi Majalah Sindo Weekly kepada Rano Karno, karena selain memiliki komitmen terhadap tata kelola pemerintahan yang baik, Rano Karno juga dianggap memiliki kepekaan terhadap keterbukaaan informasi, bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata dan pembangunan kependudukan.

Penganugerahan itu dilakukan di  Puri Agung, Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Selasa (12/4/2016) malam. Acara ini dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-empat, Majalah SINDO Weekly.

Government Award SINDO Weekly diberikan kepada kepala daerah berprestasi, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi. Government award tahun ini ada 17 kategori penyerahan apresiasi kepada pemerintah daerah dan lima apresiasi kepada kepala daerah inspiratif.

Dari kategori tersebut, tim penilai mengukur prestasi kepala daerah dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata dan pembangunan kependudukan.

Kemudian tata kelola pemerintahan, kreativitas peningkatan PAD, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, UMKM dan Koperasi, keterbukaan informasi publik, tata kota/tata wilayah dan budaya.

Penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan oleh tim redaksi SINDO Weekly dan diketuai oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sudarsono Hardjosoekarto.

Sementara, metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.

Selanjutnya, tim redaksi melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang.

Adapun Governmant award SINDO Weekly diberikan dalam rangka memberi dukungan dan motivasi kepada daerah maupun kepala daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya demi peningkatan kualitas daerah masing-masing sebagai jalan kesejahteraan masyarakat.

Rano Karno saat dimintai keterangan terkait penghargaan ini mengatakan bahwa anugerah tersebut sebagai pemecut untuk terus dan terus meningkatkan semangat pemberdayaan, semangat pembangunan masyarakat.

"Ini adalah kerja tim dan kekompakan diseluruh jajaran pemerintaha provinsi Banten. Kami tidak sempurna tapi kami memiliki kesamaan visi membawa Banten yg maju,  dan sejahtera, terhindar dari kemiskinan," jelas Rano. (Red)

Komentar