Akibat Tungku, 1 Rumah di Lebak Terbakar

Sebagian bangunan rumah milik Radi (45) warga Kampung/Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari - Lebak hangus terbakar. (Foto: TitikNOL)
Sebagian bangunan rumah milik Radi (45) warga Kampung/Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari - Lebak hangus terbakar. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Akibat tungku menyala, satu rumah yang terbuat dari kayu dan dinding bambu milik Radi (45), warga Kampung Kerta RT 01/ RW 01, Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, hangus terbakar sekira pukul 10.00 WIB, Selasa (28/8/2018).

Informasi yang berhasil diperoleh TitikNOL dari Adi (27) saksi kejadian mengatakan, kebakaran rumah berawal ketika tungku bekas masak pagi yang sudah dimatikan oleh pemilik rumah ditinggal untuk bekerja.

Kata Adi, tungku bekas masak itu masih terdapat bara api yang menyala. Bara api itu tertiup angin yang cukup kencang sehingga percikan bara api mengenai kayu bakar yang menempel di dinding bambu di sebelahnya.

Akibatnya, api pun membesar sampai menghanguskan sebagian rumah tersebut.

"Penyebabnya api dari tungku yang ditinggal pemiliknya, terus bara apinya menyala karena tertiup angin sehingga membakar kayu untuk masak yang berada di sebelah tungku," ujar Adi.

Terpisah, Muhaemin Kades Kerta, Kecamatan Banjarsari membenarkan peristiwa kebakaran rumah milik warganya tersebut.

"Iya benar, bang. Kebakaran itu terjadi akibat api dari tungku masak, pemilik rumah seorang duda pekerja serabutan. Cuma di rumah yang terbuat dari kayu dan dinding bilik itu, dia tinggal bersama anaknya yang sudah menikah dan tengah hamil juga dan kedua cucunya. Kerugian ditaksir mencapai sekitar 15 jutaan, tidak ada korban jiwa," ujar Kades Kerta itu. (Gun/TN1)

Komentar