Antisipasi Penyebaran Penyakit, KKP Banten Fogging Pelabuhan Merak

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten saat melakukan fogging di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten saat melakukan fogging di Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banten, melakukan fogging di areal Pelabuhan Merak, Selasa (5/6/2018).

Fogging tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi penyebaran berbagai penyakit kepada para pemudik akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti.

"Nyamuk Aedes aegyfti ini sangat berbahaya, risikonya besar. Jangan sampai ada di Pelabuhan Merak. Maka dengan itu kami melakukan fogging sebagai upaya untuk mengantisipasi sejak dini penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten, Wilpren Gultom.

Wilpren mengungkapkan, pemudik yang akan memadati Pelabuhan Merak harus bebas dari berbagai penyakit, terutama akibat gigitan nyamuk.

"Intinya yang kita kendalikan sekarang ini dalam rangka kedatangan dan keberangkatan ribuan pemudik melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni. Jangan sampai terjadi sesuatu sama pemudik. Kalaupun terjadi sesuatu, kami sudah meminimalisirnya," ujarnya.

Pihaknya juga menyediakan Pos Kesehatan beserta Tim Medis di Pelabuhan Merak, untuk para pemudik yang mengalami gangguan kesehatan.

"Jadi kalau ada pemudik yang sakit, bisa datang ke pos kesehatan kami," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Risiko Lingkingan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten, Ucup Supriadi menambahakan, selain melakukan fogging pihaknya juga memeriksa makanan yang dijual di Pelabuhan Merak.

"Makanan yang dijual di dalam pelabuhan maupun di atas kapal kita periksa dan ambil samplenya. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah makanan itu sehat atau tidak untuk dikonsumsi," jelasnya. (Ardi/TN1).

Komentar