Sabtu, 20 Juli 2024

BPBD Kota Serang Ajak Warga Lakukan Simulasi Antisipasi Bencana

SERANG, TitikNOL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang menggelar simulasi simulasi penanggulangan bencana bersama warga, di lapangan Bumi Indah Permai, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, 16 November 2023.

Simulasi dalam rangka antisipasi bencana seperti cuaca ekstrim, elnino, banjir dan angin puting beliung, yang bertujuan untuk melatih kebiasaan masyarakat dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana.

Kepala BPBD Kota Serang Diat Hermawan mengatakan potensi bencana di Kota Serang berdasarkan data BPBD, kata Diat, ada delapan jenis kebencanaan yang paling sering terjadi, yaitu banjir bandang, banjir rob, kekeringan kerentanan air bersih.

"Cuaca ekstrim sering terjadinya angin puting beliung, itu yang paling sering di Kota Serang. Potensi lainnya gempa, walaupun episentrumnya tidak di sini tapi getarannya sampe ke sini, longsor potensinya ada di kecamatan Curug dan kecamatan Taktakan," kata Diat.

Sedangkan wilayah yang paling banyak memiliki potensi bencana, lanjut Diat, yaitu kecamatan Kasemen.

"Kenapa pemerintah menempatkan kantor BPBD di Kasemen itu karena potensi bencana ada di sana semua," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, simulasi penyelematan korban gempa, korban banjir, bantuan air bersih hingga penyelamatan kebakaran dilakukan oleh petugas BPBD Kota Serang, Damkar Kota Serang dan Basarnas Banten. (TN)

Komentar