Ini 13 Jenis Bencana yang Berpotensi Terjadi di Banten

Peta wilayah administrasi Provinsi Banten. (Dok: geospasial.bnpb)Peta wilayah administrasi Provinsi Banten. (Dok: geospasial.bnpb)

SERANG, TitikNOL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menyebutkan ada 13 macam bencana alam berpotensi terjadi di wilayah Banten yang akan terjadi sewaktu-waktu.

"Banten ini sebagai daerah yang kaya, dengan penduduk padat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menetapkan ada 13 jenis potensi bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi," kata kepala BPBD Banten Sumawijaya, Selasa (17/10/2017).

Sumawijaya menjelaskan, ketiga belas jenis bencana alam yang menghantui Provinsi Banten yakni banjir, banjir genangan, longsor, gempa, tsunami, angin puting beliung, kebakaran, bencana sosial, gunung meletus, penyakit epidemi, kebakaran hutan, kebakaran lahan dan bencana industri.

"Di Banten yang harus diwaspadai kalau musim hujan di wilayah selatan identiknya rawan lngsor dan banjir. Kalau di wilayah utara rawannya banjir genangan, terutama di bantaran sungai warga harus waspada," jelasnya.

Untuk mempersiapkannya, pihaknya sudah melakukan upaya-upaya sosialisasi, hingga pembentukan desa/kelurahan dengan memberdayakan 40 orang per desa/keluarahan.

"Jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam besar, mereka secara mandiri bisa mengevakuasi sendiri, pertolongan sendiri sebelum datang bantuan datang," pungkasnya. (Gat/red)

TAG bpbd
Komentar