Dalam Satu Jam, Lebak Diguncang Gempabumi Dua Kali

Ilustrasi. (Dok: Inews)
Ilustrasi. (Dok: Inews)

SERANG, TitikNOL - Dalam kurun waktu satu jam, Wilayah Kabupaten Lebak diguncang gempabumi sebanyak dua kali, Senin, (17/02/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, empa dengan kekuatan 2,9 magnitude terjadi pada pukul 18:32 WIB dengan kedalaman 166 kilometer dari 11 kilometer barat daya Lebak.

Kemudian berselang 39 menit yakni pada pukul 19:11 WIB, gempa dengan kekuatan 4,9 magnitude kembali mengguncang Kabupaten Lebak dengan kedalaman 10 kilometer dari 91 kilometer barat daya.

Diambil dari rilis Badan Meteorologi dan geofisika klas II Tangerang, gempabumi tekntonik dirasakan di daerah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas II Tangerang Urip Setiyono.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar