Kapolres Serang Beserta Pejabat Utama Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Suasana upacara peringati Hari Lahir Pancasila di Aula Mapolres Serang, Selasa (1/6/2021). (Foto: TitikNOL)
Suasana upacara peringati Hari Lahir Pancasila di Aula Mapolres Serang, Selasa (1/6/2021). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Kapolres Serang AKBP Mariyono beserta pejabat utama Polres Serang dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan melaksanakan kegiatan upacara Hari Lahir Pancasila di Aula Mapolres Serang, Selasa (1/6/2021).

Meski upacara dilakukan secara virtual, namun upacara peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung dengan penuh khidmat dan tidak mengurangi makna dari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Kapolres menyampaikan dengan peringatan hari lahir Pancasila ini bisa menumbuhkan optimisme masyarakat dalam membangun Indonesia.

Untuk tahun ini, mengusung tema "Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh".

"Dengan peringatan ini kita sama-sama membangun optimisme dan kerja produktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga membangun Indonesia yang lebih tangguh," ujar Kapolres.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Upacara diawali lagu Indonesia Raya dan Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, sementara Ketua DPR Puan Maharani membacakan pembukaan UUD 1945 dari ruang pimpinan DPR. Adapun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa

Untuk diketahui, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional Lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. Presiden menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016. (HR/TN1)

Komentar