Pembangunan RS Hermina Cilegon Berdampak Positif Bagi Tenaga Kerja Lokal

Lokasi proyek pembangunan RS Hermina di Kawasan Bonakarta, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Lokasi proyek pembangunan RS Hermina di Kawasan Bonakarta, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Pembangunan Rumah Sakit Hermina yang berada di kawasan Bonakarta, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, akan melibatkan ratusan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan terdekat maupun dari luar daerah Kota Cilegon.

Hal itu diungkapkan Project Manager PT. Glora Intan Reksa, Rico Rahardian selaku pelaksana pembangunan proyek RS Hermina Kota Cilegon. Dia mengatakan, dengan mengerahkan ratusan tenaga kerja diharapkan pembangunan proyek akan dapat segera selesai tepat waktu yakni pada bulan Agustus 2021 mendatang.

"Target pelaksanaan proyek itu 7 bulan, sekitar Agustus selesai. Perhari ini progresnya pekerjaan baru 10 persenan pekerja yang dilibatkan atau baru 80 orang. Rencananya kita akan libatkan sebanyak 200 pekerja jika target sudah mencapai 50 persen," kata Rico, Kamis (25/2/2021).

Rico jug menjelaskan, pembangunan gedung rumah sakit 5 lantai dengan luas bangunan 9.900 meter persegi tersebut akan menggunakan konsep rumah sakit Type C.

"Kalau dikwalifikasi pemerintahan masuk kedalam bangunan tidak sederhana karena ada pekerjaan electrikal mekanikal yang termasuk rumit. Tenaga kerja yang dilibatkan juga campur ada orang lokal dan dari luar ya sekitar 60-40," jelasnya.

Sementara itu, Juli Tresno Aji salah seorang masyarakat sekitar mengungkapkan, dengan adanya pembangunan proyek RS Hermina yang menelan anggaran sebesar Rp70 milliar tersebut, sangat berdampak positif bagi masyarakat Kota Cilegon dalam mengurangi jumlah pengangguran.

"Kami menjadi fasilitator pemberdayaan tenaga kerja dan pengusaha lokal khususnya lingkungan Kelurahan Masigit, sehingga dapat meminimalisir banyaknya penggangguran di lingkungan kami sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh managemen perusahaan," ujarnya. (Ardi/TN1).

Komentar