Tahun ini, Untirta Sediakan 3.500 Kuota Mahasiswa Baru

Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru. (Dok: net)
Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), pada tahun akademik 2017/2018 ini menyediakan kuota untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sebanyak 3.500 kuota.

Namun, jumlah kuota tahun ini lebih sedikit jika dibandingkan quota mahasiswa baru tahun sebelumnya yang mencapai 3.700 kuota.

“Untuk untirta sendiri menyediakan 3.500 kuota, meski tahun kemarin 3.700. Ini pengajuan dari tingkat jurusan lanjut ke fakultas dan diterima oleh universitas,” ujar Kasubag Humas Untirta Agus Halawany, kepada wartawan.

Agus menambahkan, jumlah kuota yang ada terbagi dalam tiga proses seleksi penerimaan. Yang pertama yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dengan besaran kuota mencapai 30 persen.

Yang kedua yakni seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dengan besaran kuota mencapai 30 persen lalu seleksi mandiri dengan besaran kuota mencapai 30 persen.

“Sedangkan 10 persen sisanya diserahkan kebijakannya kepada Rektor perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh indonesia,” tambah Agus.

Untuk Untirta sendiri lanjutnya, untuk kuota yang 10 persen yang sudah menjadi kebijakan rektor di setiap kampus, akan dimasukan ke jalur SBMPTN. Dengan demikian, kuota di jalur SBMPTN bertambah menjadi 40 persen.

“Untuk untirta, 10 persennya dimasukan ke jalur SBMPTN. Jadi SBMPTN bertambah menjadi 40 persen,” pungkasnya. (red)

Komentar