Urai Antrean Panjang, KSOP Merak Percepat Waktu Bongkar Muat Kapal

Antrean kendaraan pemudik nampak memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Antrean kendaraan pemudik nampak memadati Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL – Untuk mengurai antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten akan mengurangi waktu bongkar muat kapal di dermaga dari 40 menit menjadi 30 menit.

"Kita akan mempercepat bongkar buat kapal. Mudah-mudahan pengurangan waktu (bongkar muat) akan menjadi solusi mengurangi antrean," kata Nafri, Kepala KSOP Kelas 1 Banten, Sabtu (2/7/2016).

Selain mengurangi waktu bongkar muat, Nafri juga mengaku akan mengoptimalkan jumlah kapal yang dioperasikan dari dari 28 menjadi 30 kapal.

"Saat ini cuaca bagus dan saya yakin tidak ada kendala untuk mengurai antrean," terangnya.

Terpisah, Kepala OPP Merak, Harno menyatakan, selain volume kendaraan pemudik yang meningkat, penyusunan sepeda motor di dalam kapal  menjadi salah satu penyebab terjadinya antrean.

"Jadi mulai dari semalam sampai siang ini kita mendahulukan pemudik sepeda motor ketimbang kendaraan pribadi roda empat untuk masuk ke kapal. Tapi yang menjadi kendala adalah pengaturan sepeda motor yang membuat proses bongkar muat menjadi lama," jelasnya.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Merak, antrean kendaraan yang sebelumnya  mengular di KM 93, kini sudah mulai berkurang. Namun di KM 97 Tol Tangerang-Merak masih mengalami penumpukan kendaraan. (Ardi/red)

Komentar