Kriteria Ini yang Cocok Dampingi Rano di Pilgub

Rano KarnoRano Karno

SERANG, TitikNOL - Pemilihan Gubernur 2017 mendatang menjadi harapan partai politik untuk mendorong kader terbaiknya untuk maju mencalonkan diri. Figur tokoh politik hingga artis dianggap efektif untuk mendongkrak elektabilitas pasangan calon. 

Wacana pencalonan kembali Rano Karno dalam Pilgub 2017 mengundang banyak nama yang 'dianggap' paling pantas mendampingi figur Rano Karno. Mulai dari kader partai politik, mantan pimpinan KPK, hingga artis  tidak luput dari calon-calon yang akan mendampingi Rano Karno. 

"Rano Karno memiliki latar belakang artis. Jadi akan blunder kalau  memilih wakil dari kalangan artis, ini akan menjadi blunder buat Rano sendiri. Karena Rano sendiri dianggap belum mampu mendongkrak kinerja. Rano lebih membutuhkan figur teknokrat atau birokrat," ujar Akademisi Untirta Gandung Ismanto, Jumat (8/1/2016). 

Di sisi lain, kondisi politik di Banten, Gandung melihat banyak anomali politik terjadi di Banten. "Kalau untuk mendongkrak popularitas figur seperti Marissa (Haque) bisa saja terjadi, mengingta variabel Pilkada liberal, popularitas bisa dimainkan di situ," terang Gandung. 

Pada bagian lain, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Banten telah memberi restu kepada Andika Hazrumy maju sebagai calon Gubernur Banten, pada Pilgub Banten 2017 mendatang. Andika Hazrumy diprediksi akan menjadi saingan utama Rano Karno calon incumbent yang juga Gubernur Banten.

Untuk diketahui pada Pileg 2014 lalu, Golkar memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Serang, Kota Serang, Cilegon, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel. Kemudian di dua kabupaten/kota, yakni Pandeglang dan Lebak, di mana Golkar nomor dua dan di Fraksi DPRD Provinsi Banten meraih kursi 15. (Red)

Komentar