PBNU Bantah Ayah Rano Karno Seorang Komunis

Ketua PBNU, KH Ma'ruf Amin. (Dok: nu)
Ketua PBNU, KH Ma'ruf Amin. (Dok: nu)

SERANG, TitikNOL - Ramainya tudingan di masyarakat mengenai orang tua Rano Karno, yakni Soekarno M Noer yang disebut sebagai anggota Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) dan berafiliasi pada Partai Komunis Indonesia (PKI), dibantah oleh Ketua PBNU KH Ma'ruf Amin.

Secara tegas cicit ulama Al-Hijaz, Syaikh Nawawi Al-Bantani tersebut menyatakan bahwa Soekarno M Noer pernah menjadi anggota aktif di Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi), di bawah naungan rumah besar Nahdlatul Ulama pada era kepemimpinanya.

"Saya kenal betul dengan Soekarno M Noer. Dia bukan PKI, dia bukan komunis. Dia itu asli orang NU. Kan pengurus Lesbumi, bagian daripada NU. Disitu juga ada Jamaludin Malik, ada Usmar Ismail, ada Asrul Sani dan juga ada ayahnya Rano (Soekarno M Noer)," kata Kyai Ma'ruf Amin ditemui di rumahnya di kawasan Pesantren An Nawawi, Tanara, Serang, Banten, Rabu (8/2/2017).

Bahkan, Ma'ruf bercerita saat Soekarno M Noer aktif di Lesbumi, ia aktif sebagai Ketua Cabang lembaga seni di bawah naungan NU yang bermarkas di Jakarta Utara. "Saya kenal dan tau bener beliau, " singkatnya. (Meghat/Rif)

Komentar