4 Manfaat Tidur Miring Kekanan

Ilustrasi (net)Ilustrasi (net)

TitikNOL - Tidur merupakan bagian dari mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas satu hari, dengan tidur tubuh akan mendapatkan energi baru lagi ketika kita bagun di pagi hari. Tidur yang berkualitas kurang lebih sekitar 8 jam satu hari.Ketika sedang tertidur kita tidak sadarkan diri tubuh kita miring kekri,kekanan, terlentang atau tengkurap. Tahukah Anda kalau tidur yang baik itu miring kekanan.

Menurut ajaran agama Islam Berabad-abad lalu Rasul pernah mengisyaratkan sebuah kebiasaan tidur miring ke kanan. Rasul mengatakan bahwa kebiasaan ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa.Dan terbukti, setelah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebiasaan Rasul ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ini dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah. Untuk mengetahui beberapa manfaat tidur miring ke kanan ini, berikut kami hadirkan paparannya :

1. Mengurangi beban kerja jantung
Jantung rupanya juga perlu istirahat. Itu bisa dimaklumi karena jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling berat beban kerjanya. Karena, setiap hari jantung harus bekerja memompa berliter-liter darah ke seluruh tubuh. Tidur dengan posisi miring ke kanan mampu membantu mengurangi beban kerja jantung. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda yang lemah jantung untuk membiasakan diri tidur miring ke kanan.

2. Mengistirahatkan otak kiri yang lelah
Otak dibagi menjadi 2 bagian penting. Yaitu terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Otak kanan adalah otak yang sering digunakan untuk kegiatan analisis dan berimajinasi. Sedangkan otak kiri adalah otak yang biasa digunakan untuk kesehatan eksakta. Ketika anda tidur, kedua otak ini sangat memerlukan istirahat paska digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Dan waktu tidur seharusnya kedua otak ini perlu istirahat. Tidur dengan posisi miring ke kanan akan membantu otak kiri anda untuk beristirahat. Sehingga, otak kiri anda akan menjadi lebih prima ketika bangun tidur.

3. Mengistirahatkan beban kerja lambung
Lambung memiliki bentuk yang mirip dengan tabung dengan beberapa katup. Dengan membiasakan tidur miring ke kanan, kerja lambung menjadi lebih longgar. Selain itu, kebiasaan ini akan membantu proses pengeluaran chime ( ampas makanan-minuman).

4. Melancarkan proses buang air besar (BAB)
Bagi anda yang sering mengalami susah BAB, anda patut mencoba untuk membiasakan tidur miring ke kanan. Ini dikarenakan saat tidur miring ke posisi kanan, proses pengisian di usus besar sigmoid menjadi lebih cepat. 

 

 

 

Sumber: gagasanindonesia.com

Komentar