8 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Tubuh

Ilustrasi. (Dok: Blogmusikindonesia)
Ilustrasi. (Dok: Blogmusikindonesia)

TitikNOL - Mendengarkan musik tentu sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Di tempat umum pun seperti di dalam angkutan umum, dalam kereta atau mal, kita pasti sering melihat orang mendengarkan musik. Bahkan di dalam beberapa toko pun, pasti menyetel musik. Ternyata mendengarkan musik memiliki banyak manfaat.

Berikut manfaat mendengarkan musik, dilansir dari Health Fitness Revolution.

1. Membuat kita lebih bahagia

Saat Anda mendengarkan musik, Anda melepaskan zat kimia di otak yang disebut dopamin. Valorie Salimpoor, seorang neuroscientist di McGill University menyuntikkan delapan pecandu musik dengan zat radioaktif yang mengikat reseptor dopamin setelah mereka mendengarkan musik favorit mereka. Pemidaian PET menunjukkan bahwa sejumlah dopamin dilepaskan, yang menyebabkan para peserta merasakan emosi tertentu seperti kebahagiaan.

2. Meningkatkan IQ dan fungsi akademik

Penelitian menujukkan bahwa anak-anak yang mengikuti pelajaran musik akan melakukan kinerja akademis yang lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian, anak-anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran piano atau menyanyi secara signifikan meningkatkan IQ dan kinerja akademik yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak mengambil pelajaran musik.

3. Meningkatkan daya tahan dan pemulihan setelah berolahraga

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kerja fisik dan meningkatkan daya tahan latihan selama sesi yang sulit. Selain itu, mendengarkan musik setelah berolahraga dapat membantu pemulihan tubuh Anda lebih cepat.

4. Mengurangi stres dan cemas

Mendengarkan musik dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres yang disebut kortisol. Ini merupakan temuan penting karena stres merupakan 60 persen penyebab dari semua penyakit di tubuh kita.

5. Mengurangi rasa sakit

Penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dan musik pra-rekaman mengurangi rasa sakit lebih dari perawatan khusus untuk pasien kanker. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa hal itu juga dapat megurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif.

6. Mempertajam memori

Periset telah menemukan bahwa musik dapat membantu Anda mengenali dan mengingat informasi dengan lebih baik.

7. Membantu tidur lebih nyenyak

Lebih dari 30 persen orang Amerika menderita insomnia. Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik tenang selama 45 menit sebelum tidur menunjukkan tidur lebih baik daripada siswa yang tidak mendengarkan.

8. Mengurangi kemarahan

Sebuah studi di Belanda menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memberi dampak positif pada suasana hati Anda saat mengemudi, yang mengarah pada perilaku yang lebih aman saat berkendara di jalan.

Berita ini telah tayang di auratabloidbintang.com, dengan judul: Manfaat Mendengarkan Musik, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tubuh

Komentar