Cara Efektif Berantas Kutu Rambut yang Jarang Diketahui

Ilustrasi rambut berkutu. (Dok: familinia)
Ilustrasi rambut berkutu. (Dok: familinia)

TitikNOL - Salah satu masalah klasik pada rambut adalah dihinggapi kutu. Malu sekaligus menyebalkan jika sampai ketahuan bahwa serangga peminum darah ini hidup di kepala kita.

Kutu rambut biasanya menyerang anak-anak. Sehingga membuat ibu-ibu khawatir jika anaknya sering mengeluh gatal di kepala.

Kutu rambut tidak berbahaya tapi bisa sangat mengganggu karena menyebabkan gatal-gatal dan kulit kepala meradang. Jika tidak segera diatasi, kutu rambut akan berkembang biak sangat cepat dan dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

Binatang satu ini adalah serangga parasit tak bersayap yang menghabiskan seluruh hidupnya di atas kulit kepala manusia dan hanya makan darah manusia. Cara paling tradisional untuk membasminya adalah dengan menyisir rambut menggunakan sisir khusus.

Sebuah sisir yang dirancang bergigi sangat rapat dan disebut sebagai serit. Ibu-ibu biasanya menyisir rambut anak-anaknya yang terserang kutu rambut dengan sisir serit setiap pagi dan sore selama tiga minggu.

Masa hidup kutu rambut terhitung kecil hingga mati hanya mencapai 40 hari.

Selain cara lama ini, ternyata ada cara yang lebih efektif dan mudah dalam memberantas kutu rambut di kepala. Yaitu, dengan menggunakan obat kumur dan cuka.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu `alat tempurnya`, yang terdiri dari obat kumur (merek terserah), sisir serit, cuka putih, beberapa lembar handuk, dan shower cup atau tas plastik.

Langkah selanjutnya adalah mencuci rambut dengan obat kumur sampai benar-benar basah. Tutup kepala dengan shower cup atau tas plastik. Biarkan seperti itu paling lama satu jam.

Kemudian angkat penutup kepala dan cuci rambut dengan cuka. Setelah itu tutup lagi dengan shower cup atau tas plastik selama satu jam.

Setelah itu buka penutup kepala dan keramas dengan shampo biasa sampai bersih. Gunakan sisir serit untuk menjebak kutu rambut dan telur-telurnya yang saat itu mungkin sudah pingsan atau bahkan telah mati.

Cara ini cukup efektif karena kutu rambut sangat tidak menyukai bau pepermin yang terkadung pada obat kumur. Kamu juga bisa menyemprotkan obat kumur ke rambut anak-anak sebelum mereka pergi ke sekolah untuk mencegah mereka terus menggaruk kepala selama pelajaran berlangsung.

Cara ini lebih baik dan murah dibandingkan jika menggunakan shampo kutu rambut khusus yang harganya mahal, dan tentu saja mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit kepala.

Sumber: www.dream.co.id

Komentar