Demi Kesehatan, Beberapa Benda Ini Harus Segera Dibuang

Ilustrasi. (Dok: Campbell Solberg Associates)Ilustrasi. (Dok: Campbell Solberg Associates)

TitikNOL - Tidak menggunakan benda sekali pakai memang bisa menjaga kelestarian alam dari banyaknya sampah. Namun, bukan berarti Anda harus terus-menerus menggunakan benda tersebut dalam waktu yang sangat lama. Ada kalanya Anda harus membuang benda tersebut ke tempat sampah, semata-mata demi kesehatan Anda.

Fakta medis menyebutkan bahwa benda yang terlalu lama disimpan bisa mendatangkan dampak buruk pada kesehatan. Dilansir dari Reader’s Digest, setidaknya terdapat 8 benda yang harus segera dibuang. Apa saja benda-benda yang dimaksud?

1. Bunga kering di dalam rumah

Meletakkan bunga segar di dalam rumah memang bisa memperindah suasana. Tapi, bila bunga tersebut sudah kering dan Anda membiarkannya tetap berada di dalam rumah, hal itu justru dapat merugikan, khususnya bagi yang punya masalah pernapasan atau alergi. Sebab, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, tanaman atau bunga kering bisa menyimpan spora jamur yang memicu gangguan pernapasan ataupun alergi. Bahkan, tak cuma mengganggu kesehatan manusia, bunga kering di dalam rumah juga bisa membahayakan kesehatan hewan peliharaan bila tak sengaja termakan.

2. Makeup yang sudah kedaluwarsa

Bagi wanita, membuang makeup atau riasan yang masih utuh namun sudah kedaluwarsa adalah hal yang sangat berat. Akan tetapi, hal tersebut tetap harus Anda lakukan. Pasalnya makeup yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan jerawat, parasit pada kulit, infeksi, hingga kehilangan penglihatan!

3. Spons cuci piring yang sudah usang

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, kondisi spons yang selalu basah dan lembap adalah sarang dari berbagai mikroorganisme berbahaya.

“Nah, agar tidak menjadi benda yang dapat memindahkan kuman ke mana-mana, ganti spons cuci piring secara rutin. Anda juga dapat meletakkannya di microwave dan air mendidih selama 2 menit secara rutin,” jelas dr. Jessica.

4. Rempah-rempah yang sudah terlalu lama

Kebanyakan orang percaya bahwa rempah-rempah bisa bertahan selamanya. Padahal, hal tersebut tidaklah benar, sekalipun itu adalah rempah-rempah kering. Berdasarkan laporan Food and Drugs Administration (FDA), rempah-rempah impor adalah makanan yang lebih mudah terkontaminasi ketimbang bahan makanan lainnya. Adapun beberapa rempah yang dimaksud, yaitu ketumbar, oregano, biji wijen, dan lada hitam.

5. Perhiasan murah meriah

Sebuah organisasi nirlaba The Ecology Center menguji 99 perhiasan yang dibeli dari 14 toko murah dari seluruh negeri. Hasilnya, mereka menemukan bahwa lebih dari separuh perhiasan yang harganya di bawah 10 dolar atau di bawah 140.000 rupiah mengandung bahan kimia beracun tingkat tinggi. Bahkan, 27 di antaranya mengandung timbal melebihi batas aman (300 ppm) untuk produk anak-anak.

6. Semprotan pengharum ruangan

Menurut Natural Resources Defense Council, semprotan pengharum ruangan mengandung racun serius yang disebut phthalate dan beberapa bahan aktif lainnya. Racun-racun itu dapat dengan mudah memengaruhi hormon dan kesehatan reproduksi, khususnya pada anak-anak. Pada pria, racun dari semprotan pengharum ruangan bisa membuat kualitas sperma menjadi rendah!

7. Tempat menyimpan lensa kontak yang sudah lama

Dokter mata, Reecha Kampani OD dari Cleveland Clinic menyarankan agar Anda mengganti wadah lensa kontak setiap 3 bulan sekali. Itu karena menggunakan wadah yang sama terlalu lama dapat menumpuk patogen yang berujung pada munculnya jaringan parut serta kehilangan penglihatan.

8. Panci dan wajan yang sudah tidak layak

Panci dan wajan tidak lengket dibuat menggunakan bahan kimia karsinogenik yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA). Ketika Anda mulai memasak dengan wajan tersebut, benda itu akan mengeluarkan asap beracun. Dalam jangka panjang, paparan asap tersebut dikaitkan dengan penyakit hati, tiroid, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Lebih baik, buang dan ganti wajan atau panci tersebut dengan yang berbahan stainless steel!

Itulah benda-benda yang harus segera dibuang dari dalam rumah agar tidak mengganggu kesehatan. Secara umum, benda-benda tersebut memang tidak membahayakan bila Anda menggantinya secara berkala dengan yang baru. Akan tetapi, khusus semprotan pengharum ruangan dan perhiasan murah, sebaiknya Anda benar-benar menjauhinya dan tidak dibawa lagi ke dalam rumah, karena keduanya mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memicu gangguan kesehatan serius.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: 8 Benda Ini Harus Segera Dibuang demi Kesehatan

Komentar