Menteri Pariwisata Memastikan Indonesia All Out di ITB Berlin 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:net)Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:net)

TitikNOL - Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan Wonderful Indonesia akan mengerahkan segala daya (all out) saat tampil di bursa pariwisata terbesar dunia, Internationale Tourism Bourse (ITB) Berlin, 9-13 Maret 2016 mendatang.

Sedikitnya 100 industri pariwisata akan mengisi anjungan berdesain kapal Phinisi dua lantai di arena Messe Berlin, Jerman, itu. "Hampir semua industri besar pariwisata negara-negara yang peduli turisme selalu tampil di ITB Berlin," kata Menpar Arief Yahya.

Menteri Arief memastikan, selain branding dan advertising, Kemenpar juga rajin mengikuti salles mission. Tiga besar pameran industri pariwisata selalu berupaya digunakan secara optimal, yakni ITB Berlin, WTM London, dan FITUR Madrid.

Selain itu untuk pasar Timur Tengah, Indonesia tak pernah absen pada ATM Dubai. Sementara pasar China di CTM Kunming, selain pasar Jepang, Korea, HongKongyang selalu menjadi target. "ASEAN sudah pasti, karena pasar utama, seperti ITB Asia di Singapore, NATAS Travel Fair Singapore dan MATTA Malaysia," ujar Menpar.

Dalam Technical Meeting menjelang keikutsertaan di ITB Berlin 2016, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (11/2)sore, semua persiapan dirinci mendetil. Deputi Pemasaran Luar Negeri KemenparI Gde Pitana, mengatakan pusat promosi Paviliun Indonesia akan dipusatkan di Hall 26A Nomor 122. "Kami sudah melakukan persiapan secara optimal," ujar Pitana.

Menurut Pitana, sebagaimana tahun sebelumnya, Paviliun Indonesia yang memiliki luas 515 meter persegi itu akan menampilkan perahu tradisional Phinisi. Semua tak lain guna memperkuat identitas Indonesia sebagai negara maritim dengan keunggulan wisata bahari paling spektakuler di dunia.

Sekadar gambaran, ada 13.000 pulau yang terbentang dalam tiga zona waktu serta 1.128 kelompok etnis dengan tradisi dan budaya yang beranekaragam. Identitas ini diyakini akan memikat wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Menurut Pitana, di bursa pariwisata paling bergengsi dan paling tua di dunia itu Kemenpar akan menegaskan Indonesia adalah destinasi wisata kelas dunia. "Tentunya destinasi yang benar-benar Wonderful Indonesia,"ujar dia.

Sementara Asdep Pemasaran Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Afrika Nia Niscaya, mengatakan ada 100 delegasi Indonesia dari berbagai pelaku di dunia pariwisata akan melakukan promosi dan menggelar pertemuan bisnis dengan mitra-mitra mereka yang datang dari seluruh dunia.

Menurut Nia, Indonesia akan menawarkan berbagai paket wisata menarik, mulai dari liburan ke Bali, pelesir ke Candi Borobudur dan Prambanan di Jawa Tengah, hingga menyelam di Raja Ampat. " Intinya memasarkan destinasi wisata dari Sabang sampai Merauke," ujar dia.

Pada 2015 yang lalu, delegasi Indonesia di ITB Berlin menyertakan 88 perusahaan pariwisata dengan memperoleh transaksi bisnis senilai Rp 4,8 triliun. Tahun ini transaksidipatok naik 20persen. "Ada lebih 285 negara, 850 qualified top buyers, 10.000 eksibitor dan 23.000 convention visitors. Dengan angka sebesar itu, saya yakin target transaksi 2016 bisa naik,"ujar Nia.

 

 

 

Sumber: inilah.com

TAG menpar
Komentar