Film Karya Garin Nugroho Dapat Standing Applause Saat Tayang di Australia

Ilustrasi. (Dok: Detik)
Ilustrasi. (Dok: Detik)

TitikNOL - "Setan Jawa" membuat nama Indonesia semakin bersinar di mata dunia. Film karya Garin Nugroho ini berhasil membuat takjub penonton ketika ditayangkan perdana di Melbourne, Australia.

Pemutaran film tersebut dimulai pukul 19.30 waktu setempat, di Hamer Hall, Arts Centre Melbourne, Australia, Jumat (24/2) lalu. Penonton dari berbagai kalangan dilaporkan sudah memadati lokasi penayangan sejak pukul 18.00 waktu setempat.

Teater berkapasitas 2.664 orang itu pun terlihat penuh sampai podium kedua. Kurang lebih 90 menit, film bisu hitam putih itu mampu menghipnotis penonton. Dibagi menjadi tujuh chapter, film ini menceritakan mitologi Jawa soal pesugihan.

Pemutaran "Setan Jawa" ini dibuka dengan iringan aransemen musik dan tembang kolaborasi antara Grandage, conductor Melbourne Symphony Orchestra dan gamelan arahan Rahayu Supanggah. Namun, suasana pun berubah menjadi mistis ketika para pesinden mulai melantunkan nyanyian Jawa.

Semua penonton terlihat fokus menonton sajian etnik tersebut. Saking apiknya, tak ada penonton yang asyik melakukan aktivitas lainnya selama pemutaran film ini.

Ketika film berakhir, tepuk tangan langsung bergemuruh memenuhi teater. Sebagian besar penonton yang datang berdiri dan memberikan standing applause.

Melihat sambutan meriah dari penonton Melbourne ini pastinya membuat Garin bahagia. "Saya sudah bilang, ini adalah karya kolaborasi penari-penari terbaik," ujarnya dengan penuh bangga.

Sumber: www.wowkeren.com

TAG film
Komentar