Senin, 22 Juli 2024

Cabor Karate Kota Serang Sabet Juara Umum di Popda XI Banten 2024

TANGERANG, TitikNOL - Kontingen Kota Serang dari cabang olahraga (Cabor) karate berhasil menorehkan prestasi cemerlang pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda XI Banten 2024.

Pada perhelatan itu, cabor karate Kota Serang dinobatkan sebagai juara umum setelah mengantongi 4 emas, 4 perak, dan 5 perunggu di Popda XI Banten 2024.

Popda XI Banten digelar sejak Sabtu 8 Juni hingga Kamis 13 Juni 2024 di Kota Tangerang. Adapun pertandingan cabor karate digelar pada Senin-Selasa, 10-11 Juni di Gor Balai Rakyat, Kota Tangerang.

Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kota Serang Joe Manalu mengaku, merasa bersyukur dan bangga atas prestasi atlet didiknya di Popda XI Banten 2024.

"Alhamdulillah sesuai target yang kita tentukan kita berhasil meraih juara umum. Itu semua tidak terlepas dari semangat anak-anak (atlet), dimana motivasi mereka hanya bagaiamana tergantung kita untuk memotivasi dari sini, atlet dan pelatih termasuk pengurus hanya di situ," ujar Joe Manalu kepada wartawan, Selasa, 11 Juni 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dispora Banten, dari 17 kelas yang dipertandingkan di cabor karate pada Popda XI Banten 2024, Kota Serang mengungguli tujuh kabupaten/kota lain di Banten dengan rincian 4 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Pada peringkat kedua, Popda Banten XI dari cabor karate diraih Kota Tangerang Selatan dengan perolehan 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Kemudian, Kota Cilegon mengekor diperingkat ketiga dengan meraih 4 emas, 2 perak dan 6 perunggu.

Sedangkan tuan rumah Popda Banten XI yakni Kota Tangerang harus puas berada di peringkat keempat dengan perolehan 3 emas, 3 perak dan 6 perunggu.

Selanjutnya, Kabupaten Tangerang meraih 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Kabupaten Lebak meraih 1 emas dan 3 perunggu. Kabupaten Serang meraih 2 perak dan 5 perunggu. Dan diurutan paling buncit yakni Kabupaten Pandeglang hanya meraih 1 perunggu.

Joe Manalu melanjutkan, waluapun hingga kini honor atlet, official manager dan pelatih belum cair, cabor karate pada Popda XI Banten 2024 tetap mengahurmkan nama Kota Serang dengan meraih prestasi positif.

"Bukan meraka gila uang, tapi mereka ada harapan yang ditunggu-tunggu. Karena sampai saat ini keuangan (honor atlet) tidak ada alias belum masuk. Jadi saya sangat prihatin dan sekaligus bersyukur atas hasil yang ada karena kita masih menunjukan prestasi. Dimana kita di Kota Serang kemarin hanya dapat 1 emas, sekarang mendapatkan raihan 4 medali emas," katanya.

Berikut rincian daftar nama peraih medali Popda XI Banten 2024 cabor karate kontingen Kota Serang:

Medali Emas

1. Gabrieldo Bennedectus (Kata Perorangan Putra)

2. Rachel Rania Dyah (Kumite +59 Kg - Putri)

3. Maulana Dzaky Hardiansyah (Kumite -76 Kg - Putra)

4. Steven Yordan Sitompul (Kumite +76 - Putra)

Medali Perak

1. Ar Afaf Arumi Wid (Kata Perorangan - Putra)

2. Azzahra (Kumite Perorangan -42 Kg - Putri

3. Deva Gautama (Kumite -61 Kg - Putra)

4. Siti Luthfianah CS (Kata Beregu Putri)

Medali Perunggu

1. Fenita Nasila (Kumite -53 Kg - Putri)

2. Abeth Salomo Simatupang (Kumite -55 Kg - Putra)

3. Gabrieldo Benediktus CS (Kata Beregu Putra)

4. Chatrin Velisya Marcheline (Kumite -59 Kg - Putri)

5. I Gede Surya Widya Prawira (Kumite -67 Kg - Putra)

Komentar