Copa America 2016

Libas Amerika Serikat, Argentina Mulus Melaju ke Final

Para pemain Argentina lakukan selebrasi usai Ezequiel Lavezzi ciptakan gol. (Dok: Sidomi)Para pemain Argentina lakukan selebrasi usai Ezequiel Lavezzi ciptakan gol. (Dok: Sidomi)

TitikNOL - Argentina berhasil melaju ke final Copa Amerika dua kali secara beruntun usai menumbangkan Amerika 4-0 di NRG Stadium, Houston. Pada pertandingan ini Lionel Messi berhasil menyumbang satu gol dan dua assist, Rabu (22/06/16).

Argentina memulai pertandingan, mereka langsung memberikan tekanan kepada Amerika Serikat. Alhasil tim besutan Gerardo Martino ini mampu mencetak gol cepat di menit ke-3 melalui tandukan Lavezzi.

Proses gol cepat itu bermula dari tendangan sudut yang kemudian bola diiumpan kepada Banega. Pemain anyar Inter Milan itupun melanjutkan umpan kepada Lionel Messi, yang selanjutnya melepaskan umpan chip ke Lavezzi.

Unggul satu gol, Argentina tidak mengendurkan serangan, mereka terus mengontrol pertandingan. Kondisi yang membuat Amerika bertahan total demi tidak kebobolan untuk kali kedua.

Alhasil, serangan yang terus dilancarkan Tim Tango kembali membuahkan hasil melalui tendangan bebas setelah Wondolowski menghentikan pergerakan Messi.

Pemain Barcelona itupun mengambil eksekusi tendangan bebas, yang diarahkan menuju pojok kiri atas gawang Brad Guzan. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Argentina.

Dengan keunggulan dua gol Argentina masih tak menurunkan tempo serangan. Mereka kerap menunjukan permainan yang membahayakan dengan umpan panjang. Namun, hingga babak pertama usai skor tetap 2-0 untuk Messi dkk.

Di awal babak kedua Argentina memulai pertandingan dengan sedikit lebih santai. Namun, Tim Tango masih mampu menguasai pertandingan dengan Messi sebagai dirigen di lini tengah.

Bahakan, dengan permainan yang santai itu mereka mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 memalui sepakan Gonzalo Higuain.

Gol tercipta setelah pemain asal klub Napoli itu menerima umpan silang panjang dari Lavezzi. Bola dia kontrol dan ditembakkan ke gawang. Sempat ada blok, namun bola yang memantul dia tembak sekali lagi untuk mengubah skor di menit 50.

Tertinggal tiga gol membuat Amerika semakin tertekan di hadapan publiknya sendiri. Mereka tak kuasa menahan gempuran Argentina sepanjang laga.

Hal itu berimbas pada gol keempat Argentina yang kembali dicetak Higuain untuk kedua kalinya. Gol tercipta setelah Messi berhasil merebut bola dari pemain belakang Amerika yang terlalu lama memainkan bola di kawasan berbahaya.

Kemudian dengan cerdik kapten Tim Tango itu memberikan umpan kepada Higuain dan diselesaikan dengan sangat cantik.

Gol tersebut sekaligus memantapkan langkah Argentina melaju ke final Copa America. Kesempatan ini sekaligus menjadi ajang penebusan kegagalan final di tahun lalu.

Susunan Pemain

Amerika Serikat: Brad Guzan, Geoff Cameron, John Brooks, Deandre Yedlin, Michael Bradley, Kyle Beckerman, Fabian Johnson, Graham Zusi, Clint Dempsey, Chris Wondolowski, Gyasi Zardes.

Argentina: Sergio Romero, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcus Rojo, Ramiro Funes Mori, Javier Mascherano, Augusto Fernandez, Ever Banega, Lionel Messi, Gonzalo Higuain, Ezequiel Lavezzi.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.indosport.com

Komentar