Minggu, 14 Juli 2024

Marquez Absen Dua Balapan MotoGP Qatar 2021

Marc Marquez. (Dok: Okezone)
Marc Marquez. (Dok: Okezone)

TitikNOL - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan resmi memutuskan untuk melewatkan dua balapan pertama MotoGP tahun 2021 ini, yang berlangsung di Qatar pada 28 Maret dan di Doha 4 April mendatang.

Berdasarkan tinjauan medis, Marquez disarankan untuk tidak turun lintasan terlebih dahulu, karena itu Marquez dan tim mengikuti saran dokter demi sembuh sepenuhnya.

Marquez sebelumnya sudah bisa berlatih angkat beban, naik sepeda, latihan mini-bike, sampai yang terbaru menggeber RC213V-S di sirkuit Catalunya dan Portimao.

Tapi untuk menjalani aktivitas balap yang jauh lebih berat dari latihannya, Marquez dinyatakan belum mampu melewati semua itu.

Karena dalam satu balapan ada sekitar enam sesi, mulai dari Latihan Bebas sebanyak empat sesi, ada sesi Pemanasan dan terakhir sesi Balapan, semuanya berlangsung dalam tiga hari di akhir pekan.

“Marc Marquez, bersama tim medisnya dari Rumah Sakit Ruber Internacional, menganggap bijaksana untuk tidak kembali mengikuti kompetisi akhir pekan ini di Qatar.

Dalam tinjauan yang dilakukan pada pembalap Spanyol oleh tim medis yang dipimpin oleh Dokter Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña, dan terdiri dari Dokter De Miguel, Ibarzabal dan García Villanueva, 15 minggu setelah operasi untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan, respon klinis yang baik telah ditemukan setelah intensifikasi pelatihannya.

Namun, mengingat periode waktu dan kondisi saat ini dari proses penyambungan tulang, dokter menganggapnya bijaksana dan perlu untuk tidak mempercepat coembacknya Marquez ke trek setelah waktu yang tidak aktif, dan untuk menghindari menempatkan humerus pada risiko dalam persaingan yang ketat. Marquez akan menjalani pemeriksaan kesehatan lagi pada Senin, 12 April,” demikian pengumuman resmi yang dirilis HRC.

“Setelah peninjauan terakhir dengan tim medis, para dokter telah memberi tahu saya bahwa hal yang paling bijaksana adalah tidak ikut serta dalam Grand Prix Qatar dan melanjutkan rencana pemulihan yang telah kami ikuti dalam beberapa pekan terakhir.

Saya ingin sekali dapat berpartisipasi dalam balapan pembuka Grand Prix, tapi kami harus terus bekerja untuk dapat memulihkan kondisi optimal yang memungkinkan kami untuk kembali berkompetisi,” kata Marquez menjelaskan, sebagaimana dalam rilis resmi pihak HRC.

“Usai pemeriksaan terakhir dengan tim medis, mereka menyarankan saya untuk tidak berpartisipasi dalam dua balapan Qatar jadi kami akan melanjutkan pemulihan untuk kembali bertanding secepat mungkin!,” tambah #MM93 lewat Twitter.

Marquez mengalami patah tulang lengan kanan bagian atas, telah dilakukan operasi sebanyak tiga kali dan proses pemulihan nyatanya masih harus terus berlangsung sampai awal musim baru 2021.

Berita ini telah tayang di rungansport.com, dengan judul: Resmi! Marquez Absen Dua Balapan MotoGP Qatar 2021

Komentar