Melaju ke Semi-Final, Timnas Indonesia Tantang Malaysia

Timnas Indonesia U-22. (Dok: kompas
Timnas Indonesia U-22. (Dok: kompas

TitikNOL - Timnas Indonesia berhasil melaju ke semi-final SEA Games 2017 setelah menumbangkan Kamboja dua gol tanpa balas, di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8) petang WIB. Malaysia akan jadi lawan di semi-final.

Kamboja cukup membuat anak-anak Garuda kesulitan hingga akhirnya Ezra Walian memberi jawaban ketika masuk dari bangku cadangan. Tiket ke semi-final berhasil dikunci tak lepas dari kalahnya Vietnam dari Thailand, di laga lainnya.

Babak Pertama

Kebutuhan gol membuat timnas Indonesia langsung tampil menyerang sejak menit awal, Septian David Maualana membuka peluang lewat sundulannya pada menit kelima. Tapi sayang tak membuahkan gol.

Kamboja tampil rapi namun tak terkesan bertahan, sesekali mereka coba menekan Indonesia lewat serangan balik. Menit 26' Saddil Ramdani mendapat peluang usai umpan terobosan Evan Dimas, sayang melambung.

Timnas Indonesia kurang tenang dalam melancarkan serangan, Marinus Wanewar sebagai lone striker kurang dapat suplai dan ditempel ketat. Septian David kembali mendapat kans yang lagi-lagi bisa diredam Keok Soklesa.

Kartika Ajie sempat beberapa kali dibuat sibuk oleh serangan Kamboja, seperti tendangan jarak jauh Nub Tola yang bisa ia tepis. Menit-menit akhir paruh kedua tekanan Indonesia makin nyata, tapi pertahanan Kamboja masih bikin buntu.

Pengujung paruh pertama Kamboja harus bermain dengan sepuluh orang tersisa. Itu setelah, Choum Pisa mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan profesional foul kepada Ricky Fajrin. Sayangnya skor kaca mata hingga turun minum.

Babak Kedua

Keo Soksela dibikin sibuk sejak paruh kedua dimulai, ia tampil sigap mengamankan umpan silang berbahaya dari Febri Hariyadi -- yang masuk menggantikan Osvaldo Haay -- serta memotong umpan tajam dari Gavin Kwan Adsit.

Menit ke-52 Febri mendapat kans emas ketika umpan silang dari sisi kanan mampu disambarnya. Sayang saja sontekan Febri melenceng dari sasaran. Menit 54' Luis Milla akhirnya melakukan keputusan menarik, bek kiri Ricky Fajrin digantikan Ezra Walian.

Masuknya Ezra Walian langsung berbuah manis. Pemain berdarah Belanda itu mencetak gol pada menit 55' setelah pemain belakang Kamboja tak sempurna saat menyapu bola di kotak penalti. Dengan dingin Ezra menjaringkan bola ke gawang, 1-0.

Indonesia berhasil menggandakan keunggulan lewat pemain Persib Bandung Febri Hariyadi. Gol yang indah nan spektakuler karena diciptakan Febri lewat tendangan keras jarak jauh yang meluncur deras ke gawang Kamboja pada menit 69'.

Beberapa menit jelang waterbreak, Indonesia seharusnya bisa mencetak gol ketiga. Marinus Wanewar sudah dalam kondisi terbuka untuk menceploskan bola ke gawang yang sudah tak berpenghuni, tapi bola malah melambung tak tepat sasaran.

Ryuji Utomo mencetak debutnya di SEA Games pada menit 83', dengan menggantikan Septian David. Timnas Indonesia masih terus menekan, sementara pemain Kamboja begitu sering roboh sehingga banyak waktu terulur.

Waktu tambahan yang diberikan cukup mengejutkan, yakni delapan menit. Maklum, banyak pemain Kamboja yang tergeletak cedera dari menit ke menit. Insiden sempat terjadi antarpemain kedua tim, sempat adu tegang hingga laga akhirnya berhenti di menit 101.

Susunan Pemain

Indonesia: Kartika Ajie; Gavin Kwan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Ricky Fajrin (54' Ezra Walian); Muhammad Hargianto, Evan Dimas; Saddil Ramdani, Septian David (83' Ryuji Utomo), Osvaldo Haay (46' Febri Hariyadi); Marinus Wanewar.

Kamboja: Keo Soksela; Choun Changchav, Nub Tola, Soeuy Visal, Noun Borey; Choum Pisa, Brak Thiva, Hoy Phallin, Chheng Meng, Kunthea Ravan; Son Vandeth (80' Pov Ponvothy).

Berita ini telah tayang di goal.com, Kamis 24 Agustus 2017 dengan judul SEA Games 2017: Timnas Indonesia Tantang Malaysia Di Semi-Final

Komentar