Sabtu, 20 Juli 2024

Pemkab Tangerang Belajar Bangun MPP ke Pemkot Cilegon

Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Pembangunan Mal Pelayanan Publik. (Foto: Istimewa).
Rapat Koordinasi Tim Pelaksana Pembangunan Mal Pelayanan Publik. (Foto: Istimewa).

CILEGON, TitikNOL - Keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cilegon menjadi percontohan daerah lain untuk diterapkan di wilayahnya.Salah satunya adalah Pemkab Tangerang.

Pemkab Tangerang secara khusus mengundang Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) TB Dendi Rudiatna, untuk bicara soal MPP Kota Cilegon, pada acara Rakor Tim Pelaksana Pembangunan MPP Kabupaten Tangerang, di Hotel Grand Mulya Bogor, Selasa (28/2/2023).

Menurut Dendi, Pemkab Tangerang akan membangun MPP pada tahun 2023 ini. Mereka membangunnya dari nol, mulai dari gedung hingga menggandeng sejumlah instansi untuk bergabung dengan MPP Kabupaten Tangerang.

"Pemkab Tangerang melihat Kota Cilegon bisa menjadi percontohan sebab kami sudah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang baru dalam membentuk MPP," ujar Dendi.

Aturan baru yang diterapkan Pemkot Cilegon tersebut adalah Permen PAN & RB Nomor 92 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, serta Perpres Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

"Jadi acuan kita sangat jelas merujuk pada peraturan terbaru sehingga memang menjadi referensi daerah lain," jelasnya.

Selain sesuai aturan terbaru, MPP Kota Cilegon juga dinilai berhasil sebab bisa menggandeng banyak instansi untuk bergabung membuka layanan.

"MPP Kota Cilegon dianggap sukses karena sudah banyak masyarakat yang merasakan. Terbukti tingkat kunjungan masyarakat ke MPP juga dari hari ke hari menunjukkan peningkatan,"tuturnya.

Analisis Kebijakan Publik pada DPMPTSP Kota Cilegon Muhammad Ali Irfan menambahkan, saat ini MPP Kota Cilegon sudah memiliki 102 jenis pelayanan dari 22 instansi.

"Tingkat kunjungan kami sampai akhir Januari 2023 sudah 1.200 warga per pekan. Setelah akhir Februari ini akan kita evaluasi lagi berapa tingkat kunjungannya. Kemungkinan meningkat lagi," katanya.

Kemungkinan besar, lanjut Ali, tingkat kunjungan warga akan terus meningkat seiring semakin bertambahnya jenis pelayanan yang ada di MPP Kota Cilegon.

"Bulan Januari kan KPP Pratama Cilegon belum bergabung. Nah bulan Februari mereka bergabung, otomatis jumlah pengunjung bertambah," pungkasnya. (Ardi/TN3).

Komentar