Dermaga I Pelabuhan Merak tidak Dioperasikan Hingga Satu Bulan, Ini Sebabnya

Side ramp dermaga I Pelabuhan Merak yang rusak akibat disengg KMP Suki 2 . (Istimewa).
Side ramp dermaga I Pelabuhan Merak yang rusak akibat disengg KMP Suki 2 . (Istimewa).

MERAK, TitikNOL - KMP Suki 2 menyenggol side ramp dermaga I Pelabuhan Merak, hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Akibat insiden itu, side ramp dermaga I Pelabuhan Merak tersebut tidak bisa digunakan hingga satu bulan ke depan.

Manager Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Rudy Mahmud, membenarkan peristiwa tersebut. Rudy mengatakan, insiden itu terjadi pada hari Selasa (20/2/2018) kemarin sekira pukul 14:15 WIB.

"Kejadian itu saat KMP Suki 2 sedang olah gerak keluar dari dermaga 1, haluannya menyenggol side ramp dermaga I sehingga mengalami kerusakan padaside ramp itu sendiri dan tidak bisa dioperasikan side rampnya," jelas Rudy Mahmud kepada wartawan, saat ditemui di kantornya PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Rabu (21/2/2018).

Terkait insiden itu sambung Rudy, pihaknya sudah konfirmasi kepada PT Bukit Merapin Nusantara Line, selaku perusahaan KMP Suki 2.

Pihak perusahaan menyanggupi untuk melakukan perbaikan side ramp yang rusak tersebut.

"Pihak perusahaan mengatakan bahwa hari Jumat nanti perbaikan sudah mulai dilakukan. Adapun estimasi pengerjaan perbaikan side ramp sendiri akan memakan waktu kurang lebih satu bulan," ungkapnya.

Saat disinggung adanya kelalaian nahkoda saat melakukan olah gerak, Rudy mengaku tidak bisa memastikan hal itu apakah adanya kesalahan nahkoda atau tidak.

"Kita tidak bisa menyimpulkan itu (kelalaian nahkoda). Kalau kata pihak kapal sih saat kejadian tiba-tiba ada angin kencang," tuturnya.

Di tempat yang sama, Manager Teknik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Jamaludin menambahkan, side ramp yang disenggol KMP Suki 2 mengalami kerusakan yang cukup berat sehingga tidak bisa digunakan lagi.

"Kerusakan side ramp itu terdapat di bagian jembatannya, lidahnya dan hidroliknya. Kalau jembatan dan lidahnya sendiri sudah tidak bisa digunakan lagi,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Bukit Merapin Nusantara Line, Kapten Andi yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengaku akan bertanggung jawab penuh atas kerusakan side ramp tersebut.

"Pada intinya kami bertanggung jawab penuh atas kerusakan side ramp dermaga I, kami secepatnya akan melakukan perbaikan," tukasnya.(Ardi/TN1).

Komentar