Ditinggalkan Pemilik, Rumah Warga Miskin di Lebak Dilalap Sijago Merah

Rumah milik Udin warga Kampung Cihamerang RT05/RW02, Desa Kadurahayu, Kecamatan Bojongmanik hangus terbakar. (Foto: TitikNOL)
Rumah milik Udin warga Kampung Cihamerang RT05/RW02, Desa Kadurahayu, Kecamatan Bojongmanik hangus terbakar. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Sebuah rumah milik Udin (50) yang berlokasi di Kampung Cihamerang RT.05/RW02, Desa Kadurahayu, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, hangus dilalap si jago merah, sekira pukul 24.00 WIB, Senin malam (11/9/2017) dini hari tadi.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari api tungku tempat memasak, yang dibiarkan menyala saat ditinggalkan pemiliknya.

Api dengan cepat membakar seluruh bangunan rumah milik Udin. Terlebih, hampir semua bangunan terbuat dari kayu dan bilik bambu.

Asma Sutisna, Kepala Desa Kadurahayu, Kecamatan Bojongmanik menuturkan, saat terjadi kebakaran pemilik rumah sedang tidak berada di rumahnya.

"Selain bangunan rumah, semua alat rumah tangga ludes terbakar, dugaan api berasal dari tempat masak tungku. Waktu kejadian orangnya lagi enggak ada di rumah," ujar Asma kepada TitikNOL, Selasa (12/9/2017).

Menurutnya, pemilik rumah adalah keluarga kurang mampu. Untuk menghidupi keluarganya pun Udin selalu kekurangan.

"Setiap hari kedua anaknya tidur di kobong pondok pesantren, Udin kebetulan anggota Linmas RT dan bekerja serabutan," imbuh Asma.

Terpisah, Madlias, Kasi Kedaruratan dan Logistik pada kantor Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak saat dihubungi mengaku, bahwa BPBD sudah mendapat laporan kebakaran itu.

"Kita akan segera kirim bantuan logistik ke lokasi kejadian. Kalau untuk bantuan rehab atau pembangunan rumah itu kewenangannya ada di pihak dinas Sosial," ujar Madlias diujung telepon selulernya.

Sementara itu, akibat kejadian kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah. (Gun/red)

Komentar