Ini Survey MMS Tentang Kepuasan Pelanggan Tol Tangerang-Merak

Petugas MMS sedang melakukan survey kepuasan pelanggan di pintu gerbang Tol Balaraja Barat. (Foto: MMS)
Petugas MMS sedang melakukan survey kepuasan pelanggan di pintu gerbang Tol Balaraja Barat. (Foto: MMS)

TANGERANG, TitikNOL – Sebagai upaya dalam peningkatan pelayanan terhadap pengguna jalan, PT Marga Mandalasakti (MMS) Badan Usaha Jalan Tol Tangerang-Merak yang tergabung dalam Grup Astra, kembali melakukan survei kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jalan tol Tangerang-Merak.

Ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Melalui survey ini, diharapkan hubungan interaktif dengan pengguna jalan dapat terjalin dengan baik sehingga MMS bisa terus meningkatkan pelayanan.

Untuk tahun ini, survey dilakukan pada tanggal 5 hingga 15 September 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peningkatan metode dilakukan pada survey kali ini. Tak hanya menyebarkan kuesioner di setiap gerbang dan wawancara langsung di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), kali ini survey juga dilakukan dengan metoda Face to Face Interview, Focus Group Discussion (FGD) dan Silent Observer. FGD terbagi atas 3 grup, grup 1 untuk kendaraan pribadi, grup 2 untuk kendaraan umum, dan grup 3 untuk kendaraan besar bermuatan berat.

“Survei dengan metode penyebaran kuisioner kepada pengguna jalan di seluruh gerbang tol dan wawancara langsung di 4 (empat) lokasi TIP secara teknik intercept sampling dengan jenis sampling yang digunakan quota proporsional sampling, ini dirasa efektif untuk mengetahui tingkat kepuasaan pengguna jalan terhadap pelayanan jalan Tol Tangerang-Merak,” kata Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS, Indah Permanasari.

Indah juga mengungkapkan, hasil suvei ini akan digunakan untuk mengukur keberhasilan pelayanan yang diberikan oleh MMS sebagai perusahaan yang menghubungkan Tangerang Barat hingga Merak, dengan melintasi 3 wilayah Tangerang, Serang dan Cilegon. Selain itu diharapkan dapat mengetahui customer need sehingga continues improvement yang kita lakukan bisa tepat sasaran.

Tak hanya melakukan survei, peningkatan layanan juga dilakukan dengan melakukan peningkatan kualitas jalan. MMS akan melakukan perkerasan slab beton dan overlay (lapis ulang) pada 27,7 KM yang tersebar di beberapa titik Tol Tangerang-Merak baik yang arah Jakarta maupun arah Merak.

Pengerjaan dilakukan dalam waktu enam bulan yang akan dimulai pada pertengahan September 2016.

Baca juga: MMS Siap Tingkatkan Pelayanan Demi Kenyamanan Pelanggan

MMS bersama Badan Usaha JalanTol lainnya juga telah lama bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerapkan sistem transaksi tol dengan kartu e-Toll, yakni pembayaran tol dengan kartu prabayar elektronik. Guna lebih meningkatkan kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan tol saat ini, Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu BRI, BNI dan BTN termasuk Mandiri telah menjajaki kartu e-Toll.

Sehingga, kedepannya tak hanya pengguna e-money Mandiri saja yang dapat bertransaksi di Tol Tangerang-Merak, namun beberapa pemilik kartu lainnya seperti Tap Cash BNI, Brizzi BRI, dan E-Money BTN juga bisa bertransaksi di Tol Tangerang-Merak.

“Adanya HIMBARA mempermudah pengguna jalan untuk melakukan transaksi dengan banyak pilihan penggunaan kartu e-Toll,” kata Indah.

Bagi pengguna jalan Tol Tangerang-Merak bisa menggunakan kartu e-Toll sebagai transaksi pengganti Kartu Tanda Masuk di gardu masuk dan keluar untuk semua jenis bentuk gardu. Cara menggunakan kartu e-Toll cukup dengan menempelkan kartu e-Toll pada card reader yang tersedia kemudian struk keluar dan portal terbuka. Selain itu sudah tersedia lajur Gardu Tol Otomatis khusus untuk pengguna kartu e-Toll.

Penerapan kartu ­e-Toll produk HIMBARA di ruas Tol Tangerang-Merak rencananya akan dilakukan dalam 2 fasa. Untuk gardu ramp sistem tol terbuka, mulai dapat digunakan Oktober 2016. Dilanjutkan pada gardu masuk dan gardu keluar untuk system tol tertutup mulai November 2016.

Dengan seluruh peningkatan fasilitas dan layanan yang dilakukan MMS ini, diharapkan pengguna jalan bisa merasakan kemudahan sehingga melewati Tol Tangerang-Merak dengan lancar, aman dan nyaman. (rif)

TAG mms
Komentar
Tag Terkait