Keracunan Massal di Mancak Bertambah hingga 78 Orang

Sejumlah korban keracunan saat ditangani. (Foto: TitikNOL)Sejumlah korban keracunan saat ditangani. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Warga yang mengalami keracunan di Mancak terus bertambah. Hingga saat ini, Jumat (21/06/2019) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mencatat sebanyak 78 orang menjadi korban keracunan.

Kepala Bidang Peer to Peer (P2P) Dinkes Kabupaten Serang dr. Riris Budiarni mengatakan, warga yang mengalami gejala mual, pusing hingga diare tersebar di tiga kampung yakni Ciwarna, Likurung dan Pasir Gadung.

"Untuk informasi terakhir sampai tadi malam masyarakat yang berdampak keracunan pangan itu 78 orang," katanya saat ditemui di Dinkes Kabupaten Serang.

Menurutnya, peristiwa keracunan yang dialami warga secara bertahap. Bahkan, ia memprediksi jumlah korban akan terus bertambah.

Riris menuturkan, kejadian keracunan tersebut terdeteksi setelah puluhan warga berobat ke Puskesmas Mancak dengan keluhan yang sama.

"Dari tanggal 17 itu sudah mulai ada yang sakit 4 orang dan di tanggal 19 itu banyak sampai 43 orang," tuturnya.

"Pas banyak yang berobat, Puskesmas langsung tanggap karena merasa aneh banyak warga Pasir Gadung yang berobat karena diare terus," lanjutnya.

Dikatakan Riris, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah penjual ikan pindang untuk memastikan indikasi penyebab keracunan.

"Dugaannya ikan, tapi faktor dari apanya masih diperiksa. Hari ini tim sudah turun akan memeriksa rumah penjual ikan itu," pungkasnya. (Son/TN1)

Komentar