Menjadi Daerah Langganan Banjir, Warga di Cilegon Bingung Harus Ngadu ke Siapa

Kondisi pemukiman warga di lingkungan Rokal, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon yang terendam banjir. (Foto: TitikNOL)Kondisi pemukiman warga di lingkungan Rokal, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon yang terendam banjir. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kota Cilegon, telah menyebabkan ratusan rumah warga di lingkungan Rokal, Kelurahan Jombang Wetan Kecamatan Jombang terendam banjir, pada Selasa (6/12/2016).

Ketinggian banjir sepinggang orang dewasa atau sekitar satu meter, membuat aktifitas warga terganggu lantaran tidak bisa keluar rumah. Bahkan, karena takut barang-barang yang ada di dalam rumah hanyut, warga lebih memilih bertahan di rumah mereka masing-masing.

Mumu Amanah, salah seorang warga yang menjadi korban banjir mengungkapkan, banjir terjadi akibat meluapnya air pada saluran drainase yang berada di lingkungan warga. "Setiap hujan deras pasti lingkungan disini terendam banjir, karena saluran pembuangan yang ada sudah dangkal," terangnya.

Hujan deras yang terjadi sejak semalam, kata Mumu, telah membuat rumah warga terendam dengan ketinggian sepinggang orang dewasa. "Kami minta kepada pemerintah agar turun tangan untuk mengatasi penyebab musibah banjir yang sering terjadi ini," harapnya.

Sementara Sugi Ketua RT 02 RW 11 lingkungan Rokal mengaku pihaknya sering melaporkan banjir yang terjadi di lingkungannya kepada Pemerintah Kota Cilegon. Namun hingga saat ini belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

"Sudah sering dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cilegon dan sempat dilihat drainase yang sering mengakibatkan banjir. Namun, hingga saat ini belum ada tindakan nyata dari dinas untuk mengatasi persoalan banjir ini," keluhnya. (Ardi/Rif)

TAG banjir
Komentar