Pantau Perkembangan Dermaga Pelabuhan Merak, Ini Kata Dirjen Perhubungan Darat

Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto didampingi Direktur Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, La Mane saat meninjau Dermaga VI Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)
Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto didampingi Direktur Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, La Mane saat meninjau Dermaga VI Pelabuhan Merak. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementeri Perhubungan, Pudji Hartanto melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (6/3/2017) petang. Dalam kunjungannya, mantan Kakorlantas Polri itu melihat langsung perkembangan terakhir pembangunan Dermaga VI Pelabuhan Merak.

Dirjen Hubdat yang didampingi Direktur Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, La Mane melihat langsung kondis dermaga VI yang baru selesai di bangun tersebut.

Dirjen Hubdat mengatakan, sebelum resmi dioperasikan ia meminta agar dermaga VI dilakukan simulasi terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kemampuan dermaga tersebut ketika sudah dioperasikan.

“Nanti akan kita lakukan simulasi seolah-olah dermaga ini sudah dioperasikan. Insya Allah minggu depan akan kita lakukan uji sandar kapal di dermaga VI," kata Pudji.

Pudji menambahkan, persiapan kapal untuk menghadapi angkutan mudik lebaran 2017 nanti juga harus menjadian perhatian serius. Pasalnya,mantan Waka Polda Banten itu tidak mau banyaknya kapal yang docking pada saat arus mudik.

"Jangan sampai kapal banyak yang docking.Jadi harus dipersiapkan dari sekarang," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Pudji, masalah keamanan penumpang kapal juga harus diutamakan demi kenyamanan para penumpang itu sendiri. "Manifest penumpang, alat keselamatan yang ada di kapal harus disiapkan. Terus berlebihan muatan juga tidak boleh karena itu sangat berbahaya," imbuhnya. (Ardi/Rif)

Komentar