Sambut HUT PMI, Ratu Tatu Serukan Kebersamaan Tangani Pandemi

SERANG, TitikNOL - Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah menyerukan agar masyarakat tidak lengah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bahkan momentum hari ulang tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke -76 pada 17 September 2021, harus dijadikan momen bersama untuk menguatkan komitmen dan pelaksanaan penanggulangan Covid-19.

“Jangan abai terhadap protokol kesehatan, jangan lengah meski kasus Covid-19 menurun. Kita harus memperkuat kebersamaan untuk sama-sama melawan Covid-19. Kebersamaan akan menjadikan kita sehat bersama,” kata Tatu dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Menurut Tatu, proses vaksinasi terhadap masyarakat harus terus dimaksimalkan. Harus saling mengingatkan akan pentingnya vaksin agar tercipta herd immunity atau kekebalan bersama terhadap infeksi Covid-19. “Semakin banyak yang sudah divaksin, maka semakin rendah infeksi Covid-19. Kita ciptakan bersama herd immunity,” ujarnya.

PMI Provinsi Banten terus membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan Covid-19. Sejak pandemi, bersama delapan pengurus PMI kabupaten/kota di Banten, telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari disinfeksi atau penyemprotan cairan disinfektan, pembagian bingkisan paket kesehatan, promosi kesehatan, hingga vaksinasi.

“Dalam rangka HUT PMI, bersama pengurus pusat dan kabupaten/kota, kita juga membantu pemerintah dalam proses vaksinasi. Dimulai dari Kabupaten Tangerang, dan menyusul ke kabupaten/kota yang lain,” ujarnya.

Kemudian sebagai bagian dari penanganan Covid-19, kata Tatu, UDD PMI di Banten konsisten dan berkesinambungan melaksanakan transfusi plasma konvalesen. “Saat gelombang pandemi menguat, Juli dan Agustus, plasma ini sangat dibutuhkan.” harapnya.

Saat ini, ungkap Tatu, ada 4 UDD PMI di Banten yang melaksanakan pelayanan plasma konvalesen. Yakni UDD Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang. “Saat ini, kondisi stok plasma konvalesen stabil dan semoga tidak ada gelombang kenaikan kasus Covid-19 lagi,” ujarnya.

PMI Banten punya berbagai program unggulan dalam melaksanakan kerja-kerja kemanusiaan, selain pelayanan donor darah, penanggulangan bencana, maupun penanganan Covid-19. Sebagai bagian dari apresiasi terhadap relawan, telah diberikan asuransi hingga beasiswa perguruan tinggi bagi keluarga relawan PMI.

“Kunci sukses dalam penanggulangan Covid-19, serta berjalannya kerja-kerja kemanusiaan, adalah kebersamaan. Alhamdulillah, kebersamaan bersama PMI pusat, PMI Banten, dan PMI kabupaten/kota, membuat kerja-kerja kemanusiaan berjalan dengan baik,” ujarnya. (TN2)

Komentar