Tewaskan Teroris Santoso, Kapolri Torehkan Prestasi

Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris. (Dok: kompas)Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris. (Dok: kompas)

JAKARTA, TitikNOL - Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris menilai, Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang baru memimpin institusi korps bhayangkara itu telah menorehkan prestasi. 

Pasalnya, telah berhasil menewaskan pimpinan kelompok teroris Indonesia Timur, Santoso, di kawasan hutan Poso, Sulawesi Tengah.

"Kapolri yang baru Tito Karnavian baru saja menorehkan prestasi membanggakan diawal jabatannya. Pimpinan kelompok teroris yang selama ini jadi buron Santoso diduga sudah berhasil dilumpuhkan dan tewas tertembak di tangan pasukan Satgas Tinombala yang merupakan gabungan personil TNI-Polri," ujar Charles saat dihubungi, Selasa (19/7/2017).

Lanjut politisi PDI Perjuangan itu, Tito sudah melunasi janjinya sewaktu menjadi Kepala BNPT. Dimana, ia berjanji Menangkap dan meringkus Santoso. 

"Harus diakui bahwa ini keberhasilan operasi yg dilakukan karena koordinasi yang apik antara TNI, Polri dan BNPT," ungkapnya.

Menurut Charles dengan kematian Santoso maka kelompok teroris tersebut kian melemah dan terdesak. 

"Ini jelas prestasi yang membanggakan. Dengan tertembaknya Santoso tentu akan membuat jaringan teroris ini tercerai berai dan kocar-kacir. Ini akan lebih memudahkan aparat keamanan untuk memberangus secara total sisa-sisa kelompok teroris ini," tandasnya.

Sebelumnya, Polisi terlibat baku tembak dengan kelompok Santoso di kawasan hutan Poso, Sulawesi Tengah. Hasilnya, dua orang dikabarkan tewas dan satu di antaranya diduga Santoso.

"Tadi sore ada kontak tembak, dua orang tewas. Santoso atau bukan kita belum tahu," ujar Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Rudi Sufahriadi, Senin (18/7/2016).

Polisi juga menyita sebuah senapan jenis M16. Selain itu, salah satu jenazah kelompok teroris memiliki kesamaan dengan Santoso. (Bara/rif)

Komentar