Jelang Pilgub Banten 2017

Di Pandeglang, Rano Karno Mengolah Emping Bareng Pengusaha Mikro

Calon Gubernur Banten, Rano Karno saat berkeliling Kampung Tegal, Desa Tegal, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang. (Foto: TitikNOL)
Calon Gubernur Banten, Rano Karno saat berkeliling Kampung Tegal, Desa Tegal, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Calon Gubernur Banten Rano Karno, berkeliling Kampung Tegal, Desa Tegal, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, untuk melihat potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Diikuti sejumlah warga di kampung itu, Rano Karno berjalan lebih dari 100 meter. Rano pun sempat singgah di UMKM Pembuatan Makanan Keripik emping milik salah satu warga.

Di lokasi itu, Rano Karno melihat proses pembuatan emping sambil berbincang dengan para pengrajin. Bahkan Rano Karno pun sempat mencoba membuat emping.

Baca juga: Apresiasi Pelaku UMKM, Rano Karno: Harus Ada Pengembangan yang Baik

"Ini sehari bisa berapa dapatnya Bu?," tanya Rano kepada seorang warga yang sedang mengolah emping.

"Paling dua kilogram seharinya, karena kita mampu segitu saja pak," jawab warga.

Usai berbincang dan mencoba langsung cara mengolah emping, Rano mengaku jika pengolahan emping akan lebih maksimal hasilnya jika menggunakan teknologi tepat guna.

"Harusnya memang ada alat bantu. Saya ingin nanti menggunakan Tenaga Tepat Guna atau TTG agar sehari bisa memproduksi mencapai 10 kilogram," jelasnya.

Menurut Rano, meski TTG sangat membantu UMKM warga, tentu harus didorong dengan fasilitas lainnya seperti listrik.

"Tentu ketika menggunakan TTG ini kan harus ada fasilitas lainnya seperti listrik dan kebutuhan lainya. Tentu saya ingin UMKM di Banten ini berkembang ke depannya," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, setelah mengunjungi Kampung Tegal, Rano menuju lokasi lainnya di antaranya, Kampung Domba dan Koroncong Kabupaten Pandeglang. (Meghat/red)

Komentar