Sejarawan Muda Bonnie Triyana: Saatnya Ade Irawan Maju sebagai Cawalkot Tangerang Selatan

Ade Irawan. (Dok: TitikNOL)Ade Irawan. (Dok: TitikNOL)

TANGSEL, TitikNOL - Ditemui wartawan dalam sebuah diskusi terbatas, sejarawan Bonnie Triyana ikut mengomentari meluasnya dukungan terhadap pegiat antikorupsi Ade Irawan maju sebagai calon walikota Tangerang Selatan. Bonnie yang juga merupakan warga Tangsel menyebut kota yang didiaminya saat ini tak boleh berhenti sebatas kota periferial belaka. Lebih jauh ia menyebut sudah saatnya Tangerang Selatan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang berpijak di atas kepentingan rakyat banyak.

Bonnie menambahkan, Jakarta sebagai ibukota akan mengalami kejenuhan akibat gelombang migrasi yang nyaris tak pernah berhenti. Kemacetan akan menjalar dan bisa berakibat pada menularnya berbagai persoalan yang ada di ibukota ke daerah-daerah lain yang ada di sekitarnya. Karena itu, ia mengarahkan pemimpin di masa depan haruslah seorang pemimpin yang memiliki visi dan tekad membatu untuk membuat Tangerang Selatan menjadi sebuah kawasan yang lebih maju, modern, dan mampu mengatasi berbagai persoalan baru yang muncul.

Pendiri situs kajian sejarah Historia itu dengan tegas menyebut Ade Irawan sebagai profil paling ideal untuk maju sebagai calon walikota saat ini. Ia menyebut Ade Irawan sebagai tokoh muda yang memiliki rekam jejak sebagai pegiat antikorupsi. Dengan demikian, Ade diyakini tak akan menghadapi kendala yang berarti dalam membangun pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Saya bisa katakan, kontestasi pilkada tahun depan adalah kesempatan emas bagi Tangerang Selatan sebagai sebuah kota untuk naik kelas menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang tak sekadar menyangga Jakarta. Kesempatan itu hanya mungkin dilakukan sejauh orang muda seperti Ade Irawan memiliki ruang dan kesempatan untuk menggawangi langsung penyelenggaraan pembangunan. Ade Irawan adalah profil paling prima bagi Tangsel untuk bergerak menuju kota yang ramah, maju, berbudaya, dan berkeadaban,” tegas Bonnie.

Baca juga: Ray Rangkuti: Tak Ada yang Ragukan Kapasitas Ade

Sementara itu, Ade Irawan yang dihubungi wartawan telah menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan dari berbagai kalangan yang mendorongnya maju sebagai calon walikota Tangerang Selatan. Ia menganggap dukungan itu sebagai sebuah harapan dari banyak orang yang menginginkan lahirnya pemerintahan yang bersih, modern, dan akuntabel. Ia tak ingin tergesa-gesa menjawab dukungan yang banyak dikirimkan untuknya.

“Saya meyakini dukungan yang telah disampaikan bertolak dari titik temu dan menyatunya irisan kepentingan. Tentang apa? Tentang mimpi dan cita-cita luhung untuk membangun Tangerang Selatan sebagai kota mercusuar. Sebuah episentrum bagi pusat pertumbuhan ekonomi baru sekaligus menghadirkan wajah kota yang ramah bagi semua kalangan. Saya bukan super hero yang bisa menyelesaikan semua hal. Dukungan dari banyak pihak justru menandakan bahwa membangun negeri ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri,” terang Ade di hadapan wartawan.

Ade Irawan dikenal sebagai salah satu tokoh muda pegiat gerakan antikorupsi di tingkat nasional. Pernah didapuk sebagai Koordinator Indonesia Corruption Watch, kini Ade menahkodai Visi Integritas, sebuah lembaga yang memberi perhatian terhadap lahirnya tata kelola negara yang bersih, akuntabel, dan bertanggung jawab. Ade kini didorong oleh berbagai kalangan untuk maju sebagai salah satu kandidat Walikota Tangerang Selatan. (TN2)

Komentar