4 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Ilustrasi uban di usia muda. (Dok: Tribunbogor)Ilustrasi uban di usia muda. (Dok: Tribunbogor)

TitikNOL - Orang-orang mulai menemukan rambut putih di kepalanya saat memasuki umur 30-an. Namun, jika Anda mulai beruban di usia 20-an, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.. Menurut Marie Jhin, MD, dermatolog sekaligus Direktur Premier Dermatology di San Fransisco, jika tidak memiliki keturunan yang beruban di umur muda, maka kemungkinan rambut putih di kepala berasal dari gaya hidup yang kurang sehat. Apa saja kah itu?

Stres

Pada 2013, para peneliti dari New York University mempublikasikan studi mereka mengenai kaitan stres dengan uban pada jurnal Nature Medicine. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa stres menyebabkan penipisan sel induk pada folikel rambut tikus yang menjadi objek penelitian.

Memiliki masalah kesehatan

Pada beberapa kasus langka, timbulnya uban di usia muda disebabkan oleh masalah kesehatan seperti thyroid atau masalah dengan kelenjar hipofisis. Selain itu, bisa juga disebabkan penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut. Misalnya alopecia atau vitiligo yang bisa menyebabkan tumbuhnya uban. ”Autoimun berarti sel kita sendiri yang menyerang tubuh. Jadi, jika tubuh Anda menyerang sel rambut, maka hasilnya rambut kita akan beruban,” kata dr. Marie.

Kekurangan vitamin

Munculnya rambut putih kemungkinan karena kita kekurangan vitamin B12. Kurang asupan vitamin tersebut menyebabkan anemia pernisiosa. Yaitu kondisi menurunnya jumlah sel darah merah ketika usus tak mampu menyerap B12 dengan baik.

Merokok

“Merokok merupakan hal terburuk yang bisa Anda lakukan pada kulit dan rambut,” kata dr. Marie. Faktanya, penelitian menunjukkan kaitan antara merokok dengan munculnya uban sebelum usia 30. “Jika melihat seorang perokok, kita bisa melihat keriput pada kulitnya. Hal itu juga terjadi pada folikel kulit kepala mereka,” tambahnya.

Berita ini telah tayang di auratabloidbintang.com, dengan judul: Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

Komentar