5 Makanan Ini dapat Mengurangi Rasa Sakit Disaat Menstruasi

Ilustrasi saat menstruasi. (Dok: alodokter)
Ilustrasi saat menstruasi. (Dok: alodokter)

TitikNOL - Rasa sakit saat nyeri haid memang seringkali dialami setiap wanita di saat ‘datang bulan’. Saat nyeri datang, tubuh pun menjadi kurang bersemangat dan cenderung lemas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan ini yang dipercaya secara klinis dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid. Apa saja? Berikut diantaranya, seperti dilansir Boldsky.

1. Pisang
Pisang merupakan salah satu sumber terbaik potasium yang kaya vitamin B. Oleh karenanya, mengonsumsi pisang satu sampai dua buah setiap hari, akan memberikan manfaat tenaga dan kalsium.

2. Dark chocolate
Jangan takut mengonsumsi cokelat ketika menstruasi, tetapi akan lebih baik memilih dark chocolate. Cokelat jenis ini memberikan magnesium yang penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai tenaga dan mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, mengonsumsi cokelat juga membantu meningkatkan mood yang tidak stabil saat menstruasi.

3. Ikan
Kalau suka makan ikan, maka pilihlah tuna dan salmon sebagai santapan selama menstruasi. Kedua ikan tersebut kaya akan omega 3 dan berperan membantu relaksasi otot-otot yang kram selama menstruasi.

4. Kacang-kacangan
Cobalah untuk ngemil kacang-kacangan. Hal ini karena kacang sarat akan vitamin yang membantu keseimbangan tubuh selama menstruasi dan mengenyangkan perut. Namun, pada umumnya semua yang bisa dilakukan adalah membuat hari-hari nyaman, termasuk makanan yang tepat. Selain itu, mulailah rutin berolahraga untuk menjaga diri tetap bugar, sehingga tubuh lebih siap ketika menstruasi datang.

5. Air putih
Air putih memiliki manfaat yang sangat penting. Selama menstruasi, wanita membutuhkan lebih banyak cairan daripada biasanya. Oleh karenanya, minum dua liter air setiap ahri akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan menjaga keseimbangan tubuh setelah kehilangan banyak cairan. Hindari minum kopi saat menstruasi yang menyebabkan tubuh dehidrasi.

Sumber: www.tabloidbintang.com

Komentar