7 Tips Memilih Mobil Pertama untuk Kebutuhan Pribadi dan Keluarga

Suzuki Ignis. (Dok: Suara)
Suzuki Ignis. (Dok: Suara)

TitikNOL - Mobil kini telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat modern di kota-kota besar. Memiliki mobil bukan lagi tentang gengsi, melainkan tentang kebutuhan mobilitas setiap hari. Kalau Anda sekeluarga sudah menyiapkan bujet untuk mobil pertama, maka sebaiknya rencana memiliki mobil lekas direalisasikan dalam waktu dekat.

Banyak sekali varian mobil yang bisa Anda pilih sesuai selera, seperti Suzuki Ignis, Mitsubishi Outlander, Toyota Agya, dan masih banyak lagi. Membeli mobil pertama bahkan jadi lebih mudah karena Anda bisa mengandalkan Blibli. Fasilitas cicilan dengan bunga ringan saat membeli mobil melalui Blibli tentu tak akan mengganggu kestabilan kondisi finansial Anda.

Jangan khawatir jika Anda masih merasa bingung memilih mobil pertama. Ikuti beberapa tips ini supaya makin mantap menentukan pilihan mobil terbaik:

Menyesuaikan Jenis Mobil dengan Kebutuhan

Bila dilihat sekilas, semua mobil akan menyuguhkan pengalaman mobilitas yang sama. Namun, sebenarnya setiap tipe mobil memiliki karakteristik masing-masing sehingga Anda harus jeli memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hal-hal penting yang patut dipertimbangkan sewaktu memilih jenis mobil adalah sebagai berikut:

  • Kalau Anda butuh mobil untuk memfasilitasi banyak anggota keluarga, jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah pilihan tepat.
  • Kalau Anda butuh mobil yang cukup mumpuni untuk melewati medan jalan menantang, jenis Sport Utility Vehicle (SUV) bisa jadi solusinya.
  • Kalau Anda butuh mobil yang mampu melewati jalan berlubang tanpa mengurangi kestabilannya, jenis hatchback merupakan pilihan terbaik.
  • Kalau Anda butuh mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan, jenis Low Cost Green Car patut jadi pilihan Anda.

Menyiapkan Bujet yang Memadai

Membeli mobil secara tunai bisa dilakukan bila bujet Anda benar-benar mencukupi. Kendati demikian, Anda juga bisa tetap merealisasikan rencana membeli mobil jika belum punya uang tunai yang cukup. Usahakan menyiapkan uang muka (Down Payment atau DP) dengan jumlah cukup besar supaya tenor pinjaman lebih singkat dan besaran cicilan tergolong ringan. Jadi, tak ada salahnya bila Anda menyiapkan DP lebih dari 30% ketika hendak membeli mobil pertama.

Mencermati Tingkat Konsumsi Bahan Bakar

Memilih mobil pertama juga erat kaitannya dengan pertimbangan konsumsi bahan bakar. Alangkah lebih baik jika Anda memprioritaskan mobil yang tingkat konsumsi bahan bakarnya rendah. Selain efektif mendukung upaya penghematan, mobil yang irit bahan bakar juga membuat Anda tak perlu repot mencari Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) saat melakukan perjalanan jauh. Jangan ragu bertanya tentang mode eco ketika sedang memilih mobil pertama. Beberapa tahun yang akan datang, Anda juga bisa memilih mobil listrik sebagai kendaraan pribadi yang irit bahan bakar, praktis, ramah lingkungan, dan terkesan futuristik.

Mengutamakan Mobil yang Desainnya Ergonomis

Kriteria pemilihan mobil bukan hanya soal tampilan dan kemewahan. Lebih dari itu, Anda juga patut mengutamakan mobil yang desainnya ergonomis. Misalnya, kondisi kabin yang luas agar penumpang leluasa beraktivitas, bagasi besar untuk memuat banyak barang, dan bentuk tempat duduk yang nyaman. Jangan sampai Anda menyesal karena kurang mempertimbangkan sisi ergonomis mobil saat membelinya.

Meminta Saran dari Kalangan Profesional

Membeli mobil untuk pertama kalinya memang rentan membuat Anda bingung menentukan pilihan. Jangan sampai hal tersebut membuat Anda keliru menentukan pilihan. Tak ada salahnya meminta saran kenalan dari kalangan profesional di bidang otomotif supaya makin mantap memilih mobil pertama. Lakukan konsultasi dengan kalangan profesional untuk membahas kelebihan dan kekurangan tipe mobil yang jadi incaran Anda. Niscaya hal ini akan menambah wawasan Anda ketika hendak membeli mobil pertama.

Memprioritaskan Fitur Keamanan

Hal lainnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda sewaktu memilih mobil pertama adalah fitur keamanan dan keselamatan. Perangkat keamanan tersebut sangat penting untuk mengantisipasi risiko kecelakaan dan gangguan lainnya selama berkendara. Beberapa contoh fitur keamanan dan keselamatan paling up to date yang kini disematkan pada mobil keluaran terbaru, antara lain:

  • Dual SRS Airbag (Supplementary Restraint System Airbag dan Driver’s Knee Airbag).
  • Blind Spot Detector.
  • Child Lock.
  • Anti-lock Bracking System (ABS).
  • Daytime Running Light (lampu LED berwarna putih yang menyala secara otomatis saat mesin mobil dinyalakan).
  • Autonomous Emergency Braking (AEB), yaitu sistem yang mengaktifkan rem secara otomatis untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

Memilih Jenis Mobil Populer agar Perawatannya Mudah

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat memilih mobil populer adalah proses perawatan yang mudah. Jenis mobil populer biasanya terdiri dari komponen spare part yang mudah didapat dan harganya bersahabat. Jangan sampai Anda kesulitan mengatasi masalah kerusakan mobil hanya karena spare part-nya langka dan mahal. Ingatlah bahwa perawatan mobil harus dilakukan secara berkala dan spare part rusak harus lekas diganti agar tidak mengganggu performa mobil ketika digunakan.

Semoga ulasan ini membantu Anda menentukan mobil pertama secara bijak agar segala kebutuhan mobilitas Anda terpenuhi. Jangan memilih mobil berdasarkan gengsi atau keinginan sesaat. Lakukan pertimbangan secara matang demi memiliki mobil pertama yang bermanfaat. Silakan mencari info lengkap seputar Suzuki Ignis dan jenis mobil lainnya di website atau aplikasi Blibli sekarang juga.

Komentar