Ajaib, Ikan Ini Bisa Hidup di Daratan Hingga Berbulan-bulan

Lungfish. (Dok: net)
Lungfish. (Dok: net)

TitikNOL - Sulit rasanya berfikir dengan logika bagaimana seekor ikan bisa hidup tanpa air? Karena pada dasarnya habitat ikan memang di air.

Namun fakta mengatakan bahwa ditemukan ikan yang bisa hidup di darat, bahkan dalam kurun waktu yang lama mencapai hitungan tahun. Ikan hidup tanpa air.

Ikan yang dimaksud adalah Lungfish, juga dikenal sebagai salamanderfish, adalah jenis ikan air tawar yang terkenal karena kemampuannya untuk hidup di darat, tanpa air, selama berbulan-bulan, bahkan kadang-kadang bertahun-tahun.

Seperti namanya, Lungfish yang berarti ikan paru-paru, ikan ini memiliki organ sejenis paru-paru yang memungkinkannya hidup di darat tanpa air.

Agar tetap lembab, ikan ini membuat kepompong dari kulitnya. Ikan yang tergolong monster fish ini adalah ikan air tawar yang tergolong langka yang hanya di temukan di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia.

Di Afrika, Lungfish diburu untuk dimakan oleh penduduk setempat. Mereka sering menggali ikan dari tanah kering. Lungfish dikatakan memiliki rasa yang kuat hingga tidak semua orang bisa menikmatinya.

Panjang ikan Lungfish bisa mencapai lebih dari satu meter. Sebagai karnivora, Lungfish memakan cacing atau ikan kecil.

Bentuknya unik, seperti ikan lele yang memiliki sisa kaki dan tangan yang menempel di dekat ekor dan dekat kepala. (Sumber: www.dream.co.id)

TAG unik
Komentar