Cara Cepat Atasi Cidera Pada Mata

Ilustrasi cidera mata. (Dok: deherba)
Ilustrasi cidera mata. (Dok: deherba)

TitikNOL - Dalam kehidupan sehari - hari, manusia tidak terlepas dari kontak langsung dengan bahan kimia. Bahayanya, bahan kimia bisa mencederai mata Anda.

Menurut Dr. Lelitasari Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, ada beberapa cara yang baik untuk mengatasi cedera mata ketika terpecik bahan kimia. Tidak hanya itu, kasus lainnya adalah terkadang mata bisa bengkak tiba - tiba karena terkena binatang hingga debu jalanan.

"Masyarakat perlu tahu bagaimana menolong adan mengatasi masalah tersebut. Setidaknya, dapat memberikan pertolongan pertama," kata Dr. Lelitasari Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life saat ditemui di Jakarta, Jumat (16/09/2016).

Berikut adalah cara cepat mengatasi kasus cedera mata karena terpercik bahan kimia.

1. Tahan mata yang terpapar bahan kimia dan biarkan mata terbuka. Gunakan sarung tangan untuk perlindungan

2. Dudukkan korban dan bilas mata dengan air mengalir dari pojok dalam mata ke arah luar dengan jarak 10cm dengan hati - hati untuk menghindari mata yang tidak cedera.

3. Tutup kedua mata dengan kasa steril untuk melindungi mata dan mengurangi potensi melindungi mata dan mengurangi potensi pergerakan mata yang membahayakan

4. Segera hubungi rumah sakit terdekat.

Cara mengatasi kasus mata bengkak

1. Gunakan kompres dingin pada mata (tapi jangan menekannya)

2. Apabila mata berdarah, gangguan penglihatan, atau mata terlalu sakit untuk digerakkan, segera hubungi emergency atau rumah sakit terdekat.

Sumber: www.inilah.com

Komentar