Dampak Buruk Bagi Anak Jika Makan Sambil Nonton Tv

Ilustrasi makan sambil nonton tv. (Dok: Macampenyakit)Ilustrasi makan sambil nonton tv. (Dok: Macampenyakit)

TitikNOL - Kebiasaan makan sembari melakukan kegiatan lain, seperti menonton televisi atau bermain ponsel, mungkin sering kita alami. Tapi tahukah Anda bahwa hal ini bisa berdampak buruk pada tumbuh kembang buah hati Anda?

Disampaikan Psikolog Anna Surti Ariani, dampak yang diakibatkan dari makan sembari melakukan kegiatan lain adalah anak tidak terstimulasi untuk melatih konsentrasi dan ketekunan. Untuk itu, orangtua sebaiknya membiasakan anggota keluarga untuk makan di meja makan tanpa pengaruh televisi, buku atau media lainnya.

"Orangtua harus bisa diajak makan bersama dengan kita. Tapi tantangannya ya anak harus tertarik dengan kita agar dia betah menghabiskan makanannya tanpa terpengaruh media lainnya. Carilah topik obrolan yang seru sehingga anak tidak tergoda untuk menonton televisi," ujar psikolog yang akrab disapa Nina ini pada temu media sosialisasi 'Paud Healthy Eating Habit SGM Eksplor' di Jakarta.

Topik yang bisa menjadi bahan obrolan seru bersama anak ketika sedang makan, bisa berupa pengalamannya saat berada di sekolah. Selain melatih konsentrasi dan ketekunan, membiasakan makan tanpa intervensi gadget bisa membuat jalinan antara anak dan orangtua semakin akrab.

"Kita bisa tanya di sekolah tadi apa yang seru. Bagian mana yang menyenangkan. Jangan tanya tadi ulangan gimana, susah enggak. Nilai kamu jelek, ya? Anak akan jadi takut dan nggak menikmati makanananya," pungkas dia.

Sumber: www.suara.com

Komentar