Mengatasi Gejala Kram dengan Buah Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Dok: inkesehatan)
Ilustrasi buah pisang. (Dok: inkesehatan)

TitikNOL - Anda pasti pernah merasakan yang namanya gejala kram, entah itu di bagian otot kaki, lengan, jari-jemari dan tubuh lainnya.

Lalu apa hal yang paling menyebalkan dari kram atau kejang selain rasa sakit? Ya! Gejalanya yang suka datang tiba-tiba. Jika sudah sakit, pastinya sangat mengganggu aktivitas. Asal Anda tahu, penyebab kram bisa terjadi karena pola hidup yang tak sehat.

“Banyak pemicunya. Mulai dari sekadar dehidrasi, bahkan sampai yang serius seperti penyakit ginjal,” kata ahli terapi fisik, dan pemilik Rye Physical Therapy & Rehabilitation, Matthew Hyland, seperti dikutip dari Popular.

Penyebab kram juga bisa terjadi karena efek dari latihan yang berlebihan, sehingga menyebabkan trauma otot. Hyland menjelaskan, sistem otot memiliki batas, yaitu puncaknya pada usia 20 tahun.

Meski bisa dipertahankan, faktanya dalam usia 40 tahun kekuatannya sudah mulai melemah. Nah, untuk mencegah melemahnya otot, Anda bisa memulainya dengan banyak minum air mineral, karena dehidrasi juga bisa menjadi pemicu kram.

Selain itu, banyak makan buah dan sayur juga menjadi solusi sehat. Salah satunya yang bisa dimanfaatkan adalah pisang. Buah ini kaya akan kalium (elektrolit yang membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh).

Tubuh dapat kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat, yang dapat memicu penyusutan otot dan kram.

Untuk mencegah penyebab kram, konsumsilah sedikitnya satu buah pisang yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalium sebanyak 15%. Ini juga baik dalam menjaga fungsi jantung, kontraksi otot rangka, pencernaan, hipertensi, keropos tulang, bahkan kanker.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

Komentar