Menurunnya Testosteron Sering Tak Disadari Sebagian Pria

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Menurunnya kadar hormon testosteron terkadang tak disadari sebagian pria, sehingga banyak dari mereka merasa dirinya baik-baik saja. Pakar andrologi dari Brawijaya Hospital Nugroho Setiawan mengatakan, penurunan ini diperparah bila ditambah gaya hidup tak sehat. Ia mengatakan penurunan biasanya terjadi secara perlahan, sehingga banyak pria yang merasa bahwa dirinya baik-baik saja. "Tidak terasa. Loyonya pelan-pelan," katanya.

Gaya hidup menjadi faktor penting penurunan kadar testosteron itu. Ia menyarankan sebaiknya para pria memiliki berat badan yang ideal. Selain itu untuk menjaga stamina pun, pria ini diharapkan melakukan olahraga teratur.

Stres juga perlu ditangani dengan baik. "Stres yang tak tertangani secara baik juga bisa menjadi faktor yang mempercepat penurunan testosteron," katanya. "Oleh karenanya, manajemen stres harus dikuasai masing-masing orang. "

Mereka yang mengalami penurunan testosteron bahkan bisa terancam terkena penyakit metabolik, seperti diabetes. "Sakit metabolik bisa diukur dari tiga hal yakni lingkar pinggang (perempuan idealnya 80 cm, laki-laki 90 cm. Gula darah puasa (tak lebih dari 102), dan tekanan darah (idealnya di bawah 130/90)," kata dia.

Berita ini telah tayang di tempo.co, Senin 23 Oktober 2017 dengan judul Penurunan Testosteron Sering Tidak Disadari Pria

Komentar