Tahun Depan, Mini Punya Transmisi Kopling Ganda

Ilustrasi. (Dok: net)Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Mini memasuki sejarah baru. Mobil ikonik asal Britania Raya itu, untuk pertama kalinya bakal memakai transmisi kopling ganda. Transmisi DCT (double clutch transmission) pada Mini, diyakini memberikan pengalaman berkendara menyenangkan dan sporty, lebih dari sebelumnya.

Pilihan transmisi otomatis DCT 7-speed Steptronic, tersedia pada Mini 3 pintu, 5 pintu dan Mini Cabriolet pada model 2018. Transmisi itu menjadi alternatif dari otomatis 6-speed dan siap bersanding dengan sejumlah pilihan mesin yang ditawarkan Mini, termasuk lini mesin diesel mereka.

Sebelumnya, Mini tak pernah menawarkan pilihan transmisi kopling ganda, karena biasanya jenis itu lebih besar, berat dan ribet mekanismenya ketimbang otomatis konvensional. Kali ini sedikit berbeda. Karena Getrag sebagai spesialis transmisi, mengoprek DCT untuk Mini. Alih-alih menggunakan hidrolik, pengoperasian girboksnya sudah elektronik.

Canggih memang. Karena sensor yang digunakan, bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengaktifkan fungsi iStop. Seperti pada transmisi otomatis konvensional, DCT punya fungsi merayap yang memungkinkan laju awal lebih halus tanpa mengaktifkan akselerator, yang juga meningkatkan kenyamanan saat bermanuver atau kondisi macet stop and go.

Fungsi coasting juga ditawarkan oleh DCT dan tersedia pada mode MID dan GREEN. Pada mode itu, kopling langsung lepas begitu kaki diangkat dari pedal akselerator. Hasilnya, Mini melaju pada kecepatan konstan dan tidak terpengaruh engine brake sehingga bisa menekan konsumsi bahan bakar.

Menurut manufaktur, DCT pada Mini menawarkan perpindahan gigi yang lebih cepat dibanding otomatis konvensional 6-speed. Efisiensi bahan bakar juga ikut terpengaruh berkat ekstra rasio gear. Sayangnya transmisi DCT ini belum ditemani paddle shift di balik lingkar kemudi. Tapi perpindahan sequential Steptronic melalui tuas tetap bisa dilakukan.

Untuk saat ini, masih tiga model Mini saja yang mendapat transmisi kopling ganda. Sedang untuk model yang lebih sporty, seperti Mini Cooper S dan John Cooper Works, kemungkinan menyusul belakangan. Selain itu, baru Inggris dan sejumlah negara Eropa lain yang menikmati Mini bertransmisi DCT. Sedang negara lain belum disebutkan, semoga kawasan Asia juga mendapat pilihan transmisi baru kopling ganda untuk Mini.

Berita ini telah tayang di oto.com, Rabu 20 Desember 2017 dengan judul MINI Punya Transmisi Kopling Ganda Tahun Depan

Komentar