Tips Merawat Earphone agar Tidak Mudah Rusak

Ilustrasi. (Dok: Merdeka)Ilustrasi. (Dok: Merdeka)

TitikNOL - Earphone merupakan salah satu perangkat yang sering dibawa bepergian oleh pengguna. Earphone ada yang hadir dengan kabel atau wireless, masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangannya.

Berikut ini tips agar earphone Anda tidak mudah rusak, diambil dari berbagai sumber.

Simpan Earphone di Tempat Aman

Earphone bisa dibawa bepergian, sehingga bentuknya yang kecil dapat Anda letakan di manapun, mulai dari saku baju hingga di dalam tas. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa earphone lebih aman bila ditempatkan pada tempatnya.

Sembarangan menaruh earphone menyebabkan kabel dapat tertarik, tertiban benda lain, kusut dan lainnya. Pastikan meletakan di tempat yang aman atau wadah khusus sehingga earphone Anda bisa lebih awet.

Tidak Menggulung Kabel Sembarangan

Earphone yang memiliki kabel memang merepotkan. Meskipun demikian, perangkat ini tidak membutuhkan baterai tambahan sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengisian daya terlebih dahulu.

Pada saat tidak digunakan, sebaiknya pengguna tidak menggulungnya secara sembarangan. Hal ini demi mencegah kerusakan pada kabel atau mencegah kabel mudah kusut.

Hindari Volume Terlalu Keras

Apabila berada di keramaian, mungkin Anda menaikan volume suara di tingkat maksimal sehingga suara makin terdengar. Ketahuilah bahwa apabila ini sering dilakukan, maka dapat membuat komponen earphone mudah rusak dan suaranya menjadi tidak jernih.

Bersihkan Earphone

Earphone merupakan benda yang kontak langsung dengan bagian tubuh manusia, yakni telinga. Perangkat ini bisa saja menjadi kotor, sehingga perlu dibersihkan. Pengguna bisa memanfaatkan disinfektan dan air hangat, lalu menggunakan kapas untuk mengelap bagian luar earphone secara menyeluruh.

Berita ini telah tayang di techno.okezone.com, dengan judul: 4 Tips Merawat Earphone agar Tidak Cepat Rusak

Komentar