Waspada Dampak Bagi Teman Soal Unggah Foto di Medsos

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Mengunggah foto di media sosial tentu hal yang menyenangkan. Namun jika terlalu sering, hal tersebut bisa jadi menimbulkan hal yang kurang mengenakkan bagi teman ataupun keluarga.

Dikutip dari laman Independent, Sabtu (21/10), kesimpulan ini diperoleh dalam studi yang melibatkan 508 pengguna Facebook.

Mengunggah terlalu banyak foto keluarga akan membuat teman-teman anda merasa terasing. Sebaliknya jika anda kerap mengunggah foto bersama teman bisa jadi keluarga yang merasa tersisihkan. Jadi ada baiknya anda menyimpan foto-foto untuk koleksi pribadi saja.

Selain mengunggah foto di media sosial, ada empat kebiasaan buruk lainnya yang membuat orang jadi tidak simpati.

Pertama adalah meniru nama orang terkenal pada identitas asli anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa email yang dikirimkan atas nama Roger Federer dianggap mengganggu dan manipulatif.

Kebiasaan buruk kedua adalah merendah untuk menyombongkan diri. Perilaku ini populer disebut humblebragging.

Ketiga, menyembunyikan emosi. Dalam sebuah penelitian, dua video yang menampilkan gambar aktor diperlihatkan kepada responden. Sang aktor menunjukkan mimik wajah yang mengikuti emosi sebuah film lucu dan sedih.

Satu gambar lain menunjukkan sang aktor tanpa ekspresi ketika melihat film lucu dan sedih. Aktor berwajah ekspresif lebih disukai oleh responden.

Terakhir, jangan sampai lupa tersenyum atau orang-orang akan malas menghampiri anda. Menebarkan senyum juga membuat anda lebih mudah diingat.

Studi yang melibatkan 100 murid menunjukkan bahwa mereka lebih suka foto orang yang tersenyum daripada foto wajah yang terlihat datar atau masam.

Berita ini telah tayang di republika.co.id, Sabtu 21 Oktober 2017 dengan judul Suka Unggah Foto di Medsos, Waspada Dampaknya Bagi Teman

Komentar