Jadi Jalur Penyelundupan Narkoba, Polisi Perketat Pelabuhan Merak

Petugas kepolisan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah penumpang dan barang bawaan di Pelabuhan Merak.Petugas kepolisan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah penumpang dan barang bawaan di Pelabuhan Merak.

CILEGON, TitikNOL - Kendaraan yang masuk ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak mendapat pengawasan ketat dari pihak Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Senin (1/2/2016) kemarin. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi masuknya penyelundupan narkoba, yang berasal dari Pulau Sumatera menuju Jawa.

Kepala KSKP Merak,AKP Nana Supriatna mengatakan, berdasarkan hasil analisa pihak kepolisian, bahwa  penyelundupan narkoba dari Sumatera menuju arah Jawa melalui jalur darat masih terbuka . Maka dengan itu, Pelabuhan Merak yang merupakan  salah satu pintu gerbang ke Jawa harus diperketat.

"Dari hasil analisa, masih adanya penyelundupan narkoba dari Sumatera ke arah Jawa. Makanya  pelabuhan ini merupakan puntu gerbang Jawa, kami perketat pengawasan di dalam Kawasan Pelabuhan Merak. Dengan cara melakukan pemeriksaan kendaraan yang dari arah Sumatera," Katanya.

Dikatakannya, seluruh kendaraan terutama kendaraan umum terlebih dahulu diperiksa, baik  penumpang dan awak bus, hingga barang bawaan penumpang diperiksa satu persatu. Hal itu dilakukan guna  dapat menghentikan masuknya narkoba ke Pulau Jawa.

"Disini menjadi zona pemeriksaan kendaraan. Kami awasi barang dan orang satu persatu. Apalagi, ada beberapa pengungkapan yang dilakukan oleh jajaran Polda Banten, berupa terungkapnya gudang yang menyimpan ganja sebanyak 1,5 ton di Serang. Serta pengungkapan penyelundupan sabu menggunakan bus," Contoh dia.

Maka dari itu, lanjut AKP Nana, pihaknya menggelar antisipasi tersebut agar tidak terjadi lagi hal serupa, dengan melakukan pemeriksaan. Walaupun untuk memasuki Pulau Jawa bukan hanya melalui jalur Pelabuhan Merak, melainkan ada beberapa pelabuhan lain yang menjadi jalur masuk,seperti pelabuhan Bojonegara.

"Sampai  saat ini kami belum menemukan narkoba dari pemeriksaan kali ini," Tutupnya.(Ar/red)

Komentar