Arsenal ke Perempat Final Piala FA Usai Taklukkan Sutton

Gol ke gawang Sutton menjadi gol ke-100 Theo Walcott dan menjadi catatan sejarah. (Dok: sidomi)
Gol ke gawang Sutton menjadi gol ke-100 Theo Walcott dan menjadi catatan sejarah. (Dok: sidomi)

TitikNOL - Arsenal sukses menaklukkan Sutton United dengan skor 2-0 dalam lanjutan pertandingan babak kelima Piala FA di Stadion Gander Green Lane. Kemenangan The Gunners diwarnai dengan catatan gol bersejarah bagi Theo Walcott, Selasa (21/02/17).

Arsenal langsung memberikan shock therapy ke pertahanan Sutton United saat laga baru berjalan tiga menit, melalui umpan terobosan Mohamed Elneny kepada Theo Walcott. Namun peluang itu gagal berujung gol karena Walcott sudah berada di posisi offside.

Meski terus mendominasi jalannya pertandingan, tidak mudah bagi Arsenal untuk bisa menembus pertahanan Sutton hingga pertengahan babak pertama. The Gunners baru bisa mencuri keunggulan pada menit ke-26 melalui gol Lucas Perez.

Melalui sebuah skema serangan balik cepat, Lucas berhasil menembus area penalti Sutton usai menerima umpan terukur dari Granit Xhaka sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke arah gawang.

Unggul satu gol, para pemain Arsenal kian bersemangat untuk menambah keunggulan. Beberapa peluang berhasil terciptakan, namun barisan pertahanan Sutton masih cukup solid menahan gempuran.

Arsenal nyaris menambah keunggulan pada menit ke-42, lagi-lagi melalui sebuah skema serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Theo Walcott. Namun peluang itu gagal berujung gol setelah sepakan Alex Iwobi berhasil diintersep bek Sutton, Beckwith.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal, setelah kedua tim tak lagi mencipta gol hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

Tuan rumah Sutton United sempat membuat kejutan saat paruh waktu kedua memasuki menit ke-52 melalui aksi fantastis Bedsente Gomis. Gelandang asal Prancis itu berhasil mencuri bola dari kaki Monreal dan melepaskan diri dari kawalan dua pemain belakang Arsenal. Tapi finishingnya tidak menemukan sasaran.

Alih-alih bisa menyamakan kedudukan Sutton justru kembali kebobolan. Kali ini giliran Theo Walcott yang mencantumkan namanya di papan skor. Winger Timnas Inggris itu sukses menghujamkan bola ke gawang Sutton usai menerima umpan Alex Iwobi.

Gol ke gawang Sutton menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Walcott. Pasalnya gol tersebut menjadi gol keseratus yang berhasil diciptakan ia ciptakan bagi Arsenal sejak pertama kali bergabung pada tahun 2006.

Ketinggalan dua gol membuat para pemain Sutton bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang emas berhasil diciptakan pada pemain Sutton yang nyaris memporak-porandakan pertahanan Arsenal.

Salah satunya terjadi pada menit ke-66 melalui sebuah tembakan keras kaki kiri Roarie Deacon dari luar kotak penalti The Gunners. Namun bola terlalu mengarah ke atas dan hanya membentur mistar gawang David Ospina.

Sutton terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan di sisa menit pertandingan, namun hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan tim kasta kelima Liga Inggris itu gagal gol dari gawang Arsenal. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Arsenal.

Susunan pemain
Arsenal (4-2-3-1): Ospina; Gabriel, Mustafi, Holding, Monreal; Elneny, Xhaka; Lucas Perez, Reine-Adelaide, Iwobi; Walcott.

Sutton (4-1-3-2): Worner; Beckwith, Collins, Downer, Amankwaah; Eastmond; May, Bailey, Gomis; Deacon, Biarnou.

Sumber: www.indosport.com

Komentar