Awal September, Duel Indonesia vs Malaysia Akan Digelar

Ilustrasi. (Dok: Anggapremeh)
Ilustrasi. (Dok: Anggapremeh)

TitikNOL - Sepulang dari menjalani uji coba di kawasan Oceania melawan Papua Nugini, Kaledonia Baru, dan Fiji, Malaysia langsung mengagendakan serangkaian uji coba lain sebagai persiapan sekaligus pemanasan Piala AFF 2016 serta kualifikasi Piala Dunia 2016 putaran ketiga zona Asia.

Seperti dilansir di ESPN, pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, beserta para asisten, Brad Maloney dan Kris Yong, berencana beruji coba dengan rival mereka di regional ASEAN, Indonesia dan Singapura.

Baik Malaysia, Indonesia, maupun Singapura, nantinya bisa tergabung dalam grup sama dalam fase penyisihan di putaran final karena ketiga negara berada dalam pot berlainan pada pengundian grup Piala AFF 2016.

Malaysia tergabung di pot dua bersama Thailand, sementara Singapura berada di tiga bersama Vietnam, dan Indonesia menghuni pot keempat dengan tim juara dari fase kualifikasi.

Alhasil, uji coba ini bakal jadi salah satu fase persiapan yang cukup penting sebelum duel sesungguhnya di turnamen sepak bola terbesar di ASEAN itu, yang akan bergulir medio November hingga pertengahan Desember 2016 di Filipina dan Myanmar.

Secara khusus, agenda uji coba dengan Indonesia akan jadi partai tandang tim Harimau Malaysia karena laga ini diplot dipertandingkan di Jakarta. Rencananya, partai uji coba ini akan digelar pekan pertama September 2016. Sementara laga uji coba melawan Singapura dimainkan pada 7 Oktober 2016.

Hanya, sejauh ini belum ada kepastian dari pihak Indonesia, dalam hal ini PSSI, mengingat jadwal Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo cukup padat dan belum ada program kapan pemusatan latihan Timnas Garuda digelar.

Selain melawan Indonesia dan Singapura, Malaysia juga sedang mencermati tawaran uji coba dengan Hong Kong dan Afganistan sebelum kick-off Piala AFF 2016.

Timnas Malaysia tiba di Kuala Lumpur pada Selasa (28/6/2016) ini dengan membawa sejumlah pelajaran dari rangkaian uji coba di kawasan Oceania. Salah satunya adalah bagaimana Amri Yahyah cs. belajar mengambil sisi positif atas kondisi yang tidak menguntungkan selama tur.

"Benar-benar pelajaran berharga. Kami dengan cepat mengetahui bila kami tak bisa dengan mudah mendapatkan apa yang kami harapkan ketika bermain di luar negeri. Kami harus tetap disiplin dan menghadapi itu secara profesional," ungkap Brad Maloney, asisten pelatih timnas Malaysia.

Kesimpulan itu merujuk pada infrastruktur di negara-negara yang dikunjungi, semisal Fiji, yang dinilai memiliki lapangan sepak bola dengan kondisi yang tidak sesuai diharapkan tim Harimau Malaysia untuk venue uji coba.

Dari tiga uji coba yang dijalani dalam Jelajah Oceania 2016, timnas Malaysia kalah 0-2 dari Papua Nugini (17/6/2016), menang 2-1 atas Kaledonia Baru (22/6/2016), serta bermain 1-1 dengan Fiji (26/6/2016).

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.bola.com

TAG bola
Komentar