Ban Kunci Utama Penentu Kemenangan Marquez

Marc Marquez. (Dok:net)
Marc Marquez. (Dok:net)

TitikNOL - Pembalap MotoGP dari Tim Repsol Honda, Marc Marquez, membuka rahasia soal kemenangannya di MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Senin 11 April 2016 dinihari WIB. Ia mengatakan strategi pemilihan ban membuatnya menang.

Crash melaporkan, Marquez tidak terkalahkan di Sirkuit Austin sejak 2013, atau ia telah memenangi balapan 4 kali secara beruntun. Strategi kemenangan Marquez adalah menggunakan ban soft untuk di depan.

Meskipun sebenarnya kondisi ban menurun setelah 12 lap, namun ia mampu menjaga keuntungan untuk akhirnya naik podium pertama. Marquez meraih kemenangan dengan selisih jarak 6 detik dengan pembalap Tim Yamaha, Jorge Lorenzo.

"Ini bukan balapan yang mudah, karena ketika pemanasan, saya coba menggunakan ban depan yang sama dengan yang lain yaitu medium. Tapi, saya merasa kurang nyaman. Saat balapan, terima kasih untuk tim dan Michelin yang memilihkan ban soft," kata Marquez.

Awalnya, Marquez sempat ragu dengan pemilihan ban depan tersebut. Namun, tim meyakinkan dan Marquez coba mengambil potensi dan keuntungan di awal balapan.

"Saya terus mendorong dalam setiap lap, sebab saya tidak tahu kapan kondisi ban akan menurun. Tapi, dalam 5 lap terakhir, saya terus menambah kecepatan, sebab saya merasa kondisi ban cukup bagus," ungkapnya.

Ini kemenangan kedua secara beruntun bagi Marquez. Sebelumnya, ia meraih podium 1 di MotoGP Argentina.

Juara dunia 2 kali ini, kini memimpin klasemen sementara dengan mengumpulkan 66 poin. Sedangkan Jorge Lorenzo menempati posisi 2 dengan total 45 poin.

 

 

 

 

 

Sumber: www.viva.co.id

TAG motogp
Komentar